www.beningpost.com

Pendapatan usaha PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) pada Januari 2020 mencapai Rp 58 miliar, naik 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp 52 miliar.

Pendapatan terbesar diperoleh dari jasa Tunda sebesar Rp 52 miliar (90%), Pengelolaan Kapal sebesar Rp 4,7 miliar (4%), dan Jasa Pandu sebesar Rp 1,3 miliar (2%).

Saat ini IPCM telah memperoleh kepercayaan dari regulator, pelanggan, disamping peningkatan kualitas layanan di pasar eksisting dan telah berhasil memperluas pasar pemanduan dan penundaan antara lain di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Direktur Armada dan Teknik IPCM, Capt. Supardi mengatakan, untuk  mendukung  perluasan  market  yang  ada,  IPCM  saat  ini  telah  mengalokasikan Capex untuk penambahan 4 ASD Tug Horse Power masing masing tunda 4400 HP sebesar Rp 230 miliar, yang Insya Allah  akan  selesai  Juni  2020  ini. 

“Pada semester  II  tahun  2020  ini  kembali  akan melaksanakan penambahan armada 4 ASD Tug Horse Power masing masing tunda 4400 HP,”Capt. Supardi.

Kemudian  untuk  menjamin  kesiapan  operasi  armada (availiability), sambungnya,  disamping  menggunakan Jasa Armada Indonesia Maintenance System (JAIMS/By AMOS-Assets Management Operating System),  khusus  untuk   pekerjaan  perawatan, perbaikan, dan docking kapal-kapal, IPCM bekerjasama dengan PT Rukindo (Persero).

Sinergi ini sangat menguntungkan kedua pihak, sebagai bentuk sinergi BUMN. Rukindo telah berpengalaman dan juga punya docking space yang berada di  lingkungan usaha IPCM sehingga memudahkan dan menghemat bahan bakar untuk mobilisasi kapal-kapal yang akan docking.

“Selain itu dapat menjamin keaslian sparepart dan alat lainnya untuk perawatan Kapal Tunda, Pandu dan Kepil,” jelas Capt. Supardi.

(rr/Syam)