www.beningpost.com

MINI Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan new MINI Clubman dengan desain berkelas dan mewah di segmen kendaraan kompak premium yang dimodifikasi secara presisi, pilihan fitur-fitur inovatif, dan teknologi terbaru.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, new MINI Clubman pertahankan desain berkelas, sensasi berkendara go-kart khas MINI, dan karakter unik yang diasosiasikan dengan MINI.

“Semuanya dikombinasikan dengan kepraktisan dan fungsionalitas tingkat tinggi. Dengan peluncuran new MINI Clubman, kami percaya bahwa MINI, sekali lagi, akan menikmati tahun penuh kesuksesan di Indonesia,” ujar Ramesh pada acara peluncuran hari Jumat (14/2/20) di Jakarta.

Kidd Yam, Head of MINI Asia, juga mengungkapkan, setelah peluncuran MINI Clubman di Indonesia pada 2016, kini new MINI Clubman siap untuk melampaui generasi sebelumnya dengan berbagai inovasi terbaru.

Selain itu, jelas Kidd Yam, kenyamanan, kabin lapang dan banyaknya varian pilihan, adalah karakteristik new MINI Clubman.

Dengan empat pintu samping dan lima bangku termasuk kompartemen bagasi serbaguna, dua pintu terpisah di belakang, penumpang dapat nikmati fungsionalitas tingkat tinggi serta penggunaan ruang dengan cara kreatif yang merupakan ciri khas kendaraan MINI.

“Pelanggan juga memiliki 2 varian pilihan yaitu new MINI Clubman Cooper dan Cooper S,” papar Kidd Yam.

Desain bodi new MINI Clubman hadir berkelas dan eksklusif. Aspek khas dari proporsinya, antara lain: kap yang berbentuk kubah dan lampu depan bundar dengan surround chrome (Piano Black untuk Cooper S) di bagian depan, serta garis atap yang memanjang secara dinamis dan bagian belakang yang proporsional.

Pintu belakang dua pintu, yang terdiri dari dua sayap yang terbuka secara lateral, menjadikan MINI Clubman satu-satunya model di segmen kendaraan kompak premium yang tawarkan enam pintu, bersama dengan versatilitas tinggi - kompartemen bagasi dapat diperluas dari 360 liter hingga maksimum 1.250 liter.

Fitur desain new MINI Clubman yang paling mencolok adalah grille radiator yang sekarang memanjang di seluruh bagian bumper. Grille radiator dibatasi oleh bingkai ramping, sementara air inlet dipisahkan menjadi enam penyangga (strut) horizontal berwarna hitam, yang secara opsional dapat ditingkatkan ke versi chrome.

Pada MINI Cooper S Clubman, fitur khusus di bagian depan adalah pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, serta emblem “S” berwarna merah.

Lampu depan LED tampilkan desain baru dengan modul LED untuk lampu dekat dan lampu jauh serta pelindung berwarna hitam. Lingkaran cahaya putih yang mengelilingi lampu depan berfungsi sebagai lampu berkendara siang hari serta sein. Lampu kabut LED juga tersedia sebagai standar - menggantikan lampu parkir standar.

Sementara pada mesin untuk new MINI Clubman mencakup dua mesin bensin 3-silinder dan 4-silinder, masing-masing tampilkan teknologi MINI TwinPower Turbo generasi terbaru. Transmisi Steptronic 7-percepatan dengan dual clutch dipasang sebagai standar pada MINI Cooper Clubman, sedangkan MINI Cooper S Clubman dilengkapi dengan transmisi sport Steptronic 7-percepatan.

Mini Clubman versi terbaru ini masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya. Tipe Cooper berkapasitas mesin 1.500cc tiga silinder dengan torsi maksimum 220nm pada 1.480-4.100 rpm.

Adapun, tipe Cooper S menggunakan mesin 2.000cc empat silinder turbo bertenaga 192dk dan torsi 280nm. Kedua varian tersebut juga dilengkapi dengan teknologi Mini TwinPower Turbo generasi terbaru dan transmisi dual clutch.

Sedangkan harga yang ditawarkan pada versi penyegaran ini dijual seharga Rp705 juta untuk tipe new MINI Clubman Cooper dan Rp875 juta tipe new MINI Clubman Cooper S off the road.

(rr/Syam)