www.beningpost.com

Asuransi Sinar Mas (ASM) menyerahkan bantuan alat pertanian berupa mesin bor tanah kepada petani kopi Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan.

"Bantuan ini merupakan kelanjutan dari pendampingan yang terus diberikan Asuransi Sinar Mas bagi petani kopi," ujar Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas dalam kata sambutannya.

Dumasi berharap bantuan alat ini dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk mempermudah dan mempercepat proses penanaman tanaman kopi baru.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi petani kopi," ujar Manat Samosir, Ketua Maspekal ( Masyarakat Pemerhati Kopi Sumatera Arabika Lintong) Humbang Hasundutan.

Nantinya mesin bor tanah ini akan dimanfaatkan secara bergantian oleh para petani kopi dari 6 Kecamatan penghasil Kopi Arabica di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sejak tahun 2016, PT Asuransi Sinar Mas melalui Rumah Kreatif Sinar Mas melakukan kegiatan CSR di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pendampingan kepada petani kopi.

Kopi Arabika Lintong dari Kabupaten Humbang Hasundutan terkenal memiliki kualitas tinggi. Produksi kopi yang ditanam di wilayah dengan ketinggian di 1.400 m sd 1.600 m diatas permukaan laut ini telah memiliki banyak peminat dari dalam dan luar negeri.

Beberapa kegiatan pendampingan yang sudah dilakukan Asuransi Sinar Mas adalah redesain kemasan kopi, pembuatan PIRT, pelatihan kemasan, dan pelatihan budidaya kopi arabika bagi petani kopi bekerjasama dengan SCOPI.

Asuransi Sinar Mas juga membantu promosi produk kopi petani dengan menggunakan produk kopi sebagai souvenir perusahaan dan melalui event pameran di dalam dan luar negeri.

(rr/Syam)