www.beningpost.com

Pameran otomotif khusus kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 akan digelar pada 5-8 Maret 2020, di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran dua tahunan yang memasuki tahun kedua ini mentargetkan transaksi tumbuh antara 20% hingga 30% dibanding penyelenggaraan tahun pertama yang mencatat transaksi sebanyak 290 unit kendaraan selama pameran berlangsung.

“Dalam penyelenggaran tahun ini, kami mentargetkan jumlah transaksi selama pameran akan tumbuh antara 20% hingga 30% dari penyelenggaraan tahun pertama 2018,” ujar Romi, Presiden Direktur Seven Event dalam acara jumpa pers hari ini, Selasa (4/2/2020) di Jakarta.

Peningkatan transasksi ini didukung pada pelaksanaan GIICOMVEC 2020, GAIKINDO akan menghadirkan pameran yang lebih komprehensif, dimana visitor akan dapat menemukan solusi kebutuhan mereka disatu tempat, mulai dari kendaraan komersial, karoseri yang dapat membuat khusus body kendaraan, hingga aksesoris yang dibutuhkan untuk kegiatan bisnis, sesuai dengan fokus GIICOMVEC sebagai the best show for road and urban transportation solution.

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO, yang juga adalah ketua penyelenggara GIICOMVEC 2020 menyatakan penyelenggaraan GIICOMVEC kali ini akan dapat membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial Indonesia, dan tentunya memberikan kemudahan untuk para buyers yang sedang mencari solusi bisnis.

“Keterkaitan antara industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya sangat erat dan hampir tidak mungkin dipisahkan, sehingga kehadiran puluhan merek dari supporting industri dalam pameran GIICOMVEC kami rasa penting dan akan memberikan benefit untuk para pebisnis,” terang.

Di penyelenggaraan ke-dua kalinya ini, GIICOMVEC dipastikan akan menghadirkan tiga puluh enam merek. Pesertanya berasal dari agen pemegang merek (APM) seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors.

Kemudian dari industri pendukung yang turut berpartisipasi, seperti Adi Putro dari Industri karoseri, Alcoa Wheels, Aspira, Astra Otoparts, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, MRF Tyres, PanaOil, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor, yang mewakili industri pendukung otomotif Indonesia seperti suku cadang, aksesoris, dan fitur teknologi.

Tak kalah pentingnya, GIICOMVEC 2020 juga mendapatkan dukungan dari beberapa asosiasi terkait industri kendaraan komersial Indonesia pada pameran GIICOMVEC 2020, seperti Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), dan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI).

Asosiasi-asosiasi tersebut akan berpartisipasi dan mendukung berbagai program yang diselenggarakan sepanjang pameran berlangsung. Kehadiran asosiasi terkait tentu akan memberikan kesempatan networking yang besar bagi para pebisnis yang hadir di GIICOMVEC 2020.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengungkapkan bahwa lewat GIICOMVEC, GAIKINDO menghimbau kepada semua peserta GIICOMVEC untuk menampilkan produk yang sesuai dengan ketentuan yang ditentukan Kementerian Perhubungan, dengan demikian, diharapkan para pebisnis juga akan mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan komersial.

“Harapan GAIKINDO dengan sosialisasi yang dilakukan pada pameran GIICOMVEC 2020 ini, para pebisnis akan lebih menyadari pentingnya selalu menjaga dan memastikan tersedianya berbagai alat keselamatan dalam angkutan niaga bisnisnya,” tutur Yohannes.

Menurutnya, kepedulian dan kepatuhan akan hal tersebut akan dapat mengurangi angka tingkat kecelakaan kendaraan komersial di Indonesia.

(rr/Syam)