www.beningpost.com

PT Pembangunan Jaya secara resmi mengumumkan tentang rencananya untuk membangun kembali Pasar Senen Jaya 1 dan 2, melalui sebuah upacara Groundbreaking di Jakarta pada hari Rabu (20/11/2019).

“Pasar Senen sudah menjadi pusat perekonomian dan hiburan sejak masa Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1960,” kata Suhardiman, Manager Proyek, Pasar Senen Jaya 1 dan 2.

Suhardiman menjelaskan, dalam perkembangannya, wajah Pasar Senen serta kawasan di sekelilingnya senantiasa berubah dan menympan banyak cerita. Oleh sebab itu, kami merasa keberadaan Pasar Senen perlu dijaga dan akan kami bangun ulang dengan kualitas dan fasilitas yang lebih baik, aman dan nyaman.

Hampir tiga abad sudah Pasar Senen hadir di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya dinikmati masyarakat Jakarta, namun juga dari luar Jakarta yang sering berburu beraneka barang dagangan. Hal ini menjadikan Pasar Senen sebagai pusat grosir terbesar di Jakarta.

Suhardiman menambahkan, kami melihat bahwa membangun kembali Pasar Senen Jaya 1 dan 2 jauh lebih penting saat ini, terutama bagi para pedagang lama yang sudah dari dulu berjualan di area tersebut.

“Para pedagang lama pun hanya akan dikenai biaya sewa sesuai dengan tarif yang dikenakan pada mereka dulu, sehingga tidak ada penyesuaian harga bagi pedagang lama, meskipun nantinya menjadi gedung baru. Kami rencanakan proyek ini dapat rampung pada April 2022,” tegasnya.

Pasar Senen Jaya 1 dan 2 direncanakan akan memiliki luas hingga 69.600 m2 yang terdiri dari enam lantai. Salah satu faktor utama yang diperhatikan adalah keamanan, di mana pasar tersebut akan dilengkapi CCTV 24 jam yang diletakan di setiap sudut bangunan serta early warning system yang dapat melacak potensi terjadinya kebakaran dan memantau keseluruhan area.

Faktor kenyamanan bagi para pedagang dan pengunjung seperti fasilitas pendingin ruangan (AC) di seluruh ruangan pun akan sangat diperhatikan.

“Keamanan dan kenyamanan pedagang maupun konsumen menjadi perhatian utama kami. Persepsi lingkungan kumuh, panas dan rawan diharapkan akan semakin sirna dari benak pedagang dan konsumen dengan adanya inovasi baru ini,” jelas Dodit Hardianto, Manager Pemasaran, Pasar Senen Jaya 1 dan 2.

Kelengkapan Pasar Senen sebagai Pusat Grosir ini sendiri pun sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat Indonesia. Jajanan kue subuh, aksesoris seperti kacamata, jam tangan dan tas tersedia dengan beragam pilihan dan harga yang sangat terjangkau.

Profil konsumen dari Pasar Senen Jaya pun beragam, mulai dari berbagai segmentasi umur, pengusaha, pedagang ataupun konsumen biasa.

Sementara Walikota Jakarta Pusat, Bayu Merghantara menambahkan, ke depannya, Pedagang Kaki Lima (PKL) pun akan kami relokasi dengan wadah berdagang yang lebih baik. Untuk lokasi dari relokasinya sendiri sudah ada dalam perencanaan.

(rr/Syam)