www.beningpost.com

Cloudera (NYSE: CLDR), perusahaan data cloud enterprise, meluncurkan Cloudera Data Platform (CDP), yakni platform data terintegrasi yang mudah diimplementasikan, dikelola, dan digunakan.

CDP menghadirkan kemampuan analitik mandiri yang kuat di lingkungan  hybrid-cloud dan multi-cloud dengan kebijakan keamanan dan tata kelola hingga ke data terkecil seperti yang dituntut oleh para pemimpin IT.

CDP adalah pendekatan baru dalam data enterprise yang memberikan berbagai kemampuan analitik mulai dari Edge hingga AI (Artificial Intelligence).

Cloudera Data Platform memberi kemampuan kepada tim IT enterprise untuk menghadirkan analitik sebagai layanan bagi bisnis dalam lingkungan cloud mana pun serta memberikan keamanan data dan berbagai kemampuan  lain yang meminimalkan risiko.

CDP berbeda dari platform data dan layanan analitik lainnya dalam empat hal penting berikut ini:

Cloud mana pun - CDP memberikan pilihan dan fleksibilitas maksimum dengan opsi untuk mengelola, menganalisis, dan bereksperimen dengan data di tempat pengguna (on-premise), hybrid cloud, private cloud, dan beberapa lingkungan public cloud.

Multifungsi - CDP mengurangi waktu dan upaya untuk menerapkan tipe aplikasi umum dengan lima pengalaman layanan mandiri terbaru: flow & streaming, data engineering, data warehouse, operational database , dan machine learning.

Aman dan Teratur - CDP menyederhanakan keamanan, privasi, dan kepatuhan untuk beragam data enterprise di cloud mana pun melalui teknologi shared data experience (SDX). SDX memudahkan pembuatan kumpulan data yang aman dalam hitungan jam, dan bukan minggu, serta menggantikan proses scripting yang membosankan dengan kenyamanan “sekali atur dapat terus digunakan”.

Terbuka - CDP merupakan platform yang 100% open source, open compute, open storage, dan terbuka untuk integrasi sehingga  inovasi dapat dilakukan dengan cepat dan perusahaan pengguna tidak terkunci oleh satu vendor tertentu.

“Dengan Cloudera Data Platform, industri IT dapat menerapkan arsitektur data hybrid dan mengatur kumpulan data cloud dengan keamanan dan tata kelola skala enterprise hanya dalam hitungan jam, dan bukan berhari-hari atau berminggu-minggu,” ujar Arun C. Murthy, Chief Product Officer di Cloudera.

Murthy menyatakan, para pengguna dari dunia bisnis mendapatkan analitik multifungsi langsung dari cloud yang mudah digunakan untuk memberikan kecepatan dan kelincahan yang mereka butuhkan.

Layanan-Layanan Baru Kini Tersedia di Cloudera Data Platform

Dengan Cloudera Data Platform, perusahaan-perusahaan dapat dengan mudah mengelola data di mana saja, mulai dari on-premise hingga public cloud dan hybrid cloud, dengan keamanan, tata kelola, dan metadata yang sama.

Layanan-layanan berbasis cloud terbaru ini menyediakan akses layanan mandiri yang belum pernah ada sebelumnya terhadap data dan fungsi analitik untuk analis bisnis, teknisi data, tim-tim IT, dan pengembang yang dirancang aman.

Sebagai bagian dari peluncuran, Cloudera meluncurkan tiga layanan cloud baru yang akan membantu industri IT enterprise “Berkata Ya”:

Cloudera Data Warehouse - Layanan cloud-native yang membuat penerapan data warehouse menjadi cepat dan mudah bagi setiap tim analis bisnis dengan akses layanan mandiri yang aman ke data enterprise.

Cloudera Machine Learning - Layanan cloud-native yang membuat penerapan ruang kerja machine learning kolaboratif menjadi cepat dan mudah bagi setiap tim pakar di bidang data dengan akses layanan mandiri yang aman ke data enterprise.

Cloudera Data Hub - Layanan manajemen dan analitik data cloud-native yang membuat pengembangan aplikasi bisnis khusus yang mendukung beragam kasus penggunaan menjadi cepat dan mudah bagi tim-tim IT dan pengembang dengan akses layanan mandiri yang aman ke data enterprise.

Dengan akses terhadap layanan-layanan baru terbaik di kelasnya, Cloudera meyakini bahwa perusahaan-perusahaan dapat memaksimalkan nilai dari data mereka dan mentransformasi data yang kompleks menjadi informasi yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.

Ketersediaan dan Harga

Layanan cloud Cloudera Data Warehouse, Cloudera Machine Learning, dan Cloudera Data Hub tersedia di AWS dengan harga per jam untuk tipe-tipe instance dengan beragam pilihan CPU, GPU dan RAM.

Pilihan software CDP on-premise, CDP Data Center, akan tersedia pada akhir tahun ini, dengan langganan tahunan mulai dari 10 ribu dolar AS per node. Silakan merujuk ke halaman Harga di Cloudera.com untuk informasi tambahan.

(rr)