www.beningpost.com

Setelah sukses dukung penuh Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Jakarta -  18 hingga 28 Juli 2019, Astra Financial turut membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di sekitar tempat pelaksanaan GIIAS di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.  

Dengan mengangkat tema: “Inspiring Financial Solution”,  Astra Financial turut memperkenalkan value proposition Astra Financial, yaitu Best Value, Integrated, dan Speed melalui kegiatan Social Corporate Responsibility.

Dalam pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara ini, Astra Financial tahun ini juga mengajak seluruh pengunjung untuk berpartisipasi dalam kegiatan I Care, I Share.

Dalam kegiatan sosial yang interaktif ini, para pengunjung diajak untuk menuliskan financial goals mereka dan setiap goals yang mereka sampaikan akan dikonversikan dalam bentuk donasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Tangerang. Akhirnya, dana konversi tersebut mencapai Rp 100 juta.

Kepedulian Astra Financial kepada UMKM diwujudkan dengan pemberian dukungan dana usaha untuk UMKM “Hilmi Car/Motorcycle Wash Disability” dengan total bantuan sebesar Rp 100 Juta.

“Bantuan dana usaha tersebut merupakan salah satu wujud sinergi dari 6 lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial terdiri PermataBank, FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra dan Astra Life,“ ujar Gunawan Salim Selaku Project Director GIIAS 2019.

Dana bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk prasarana penunjang usaha seperti renovasi perbaikan tempat cuci dan lantai, pembuatan ruang tamu, pembelian compressor, pembelian pompa air, pembelian vaccum cleaner, pembelian mesin snow (sabun).

Kemudian pembelian material perlengkaapan pencucian, seperti selang air, tong air, tong sampah, kanebo, spons, semir ban. Semua peralatan tersebut untuk meperbaiki proses kerja yang ada di tempat pencucian mobil dan motor.

Bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Astra Financial kepada lingkungan sekitar yang harapannya dapat berguna dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Astra Financial berharap bahwa dana bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan UMKM sehingga terus tumbuh menjadi UMKM yang mandiri dan dapat mengurangi angka pengangguran serta membantu penyerapan tenaga kerja di sekitar Tanggerang Selatan.

Selain dukungan dana, Astra Financial juga memberikan dukungan pelatihan keterampilan maupun pengelolaan keuangan kepada Hilmi car/motorcyle wash  yang berdiri pada tahun 2012 dan dikelola secara bersama dengan Karang Taruna setempat dengan jumlah karyawan 7 orang, termasuk karyawan disabilitas.

“Diharapkan pelatihan keterampilan tersebut dapat diterapkan guna pengembangan usaha,” ujar Gunawan.

I Care, I Share merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Astra Financial bersama 6 lembaga jasa keuangan didalamnya dalam pengembangan UMKM.

Untuk meneruskan langkah awal ini Astra Financial akan memberikan pelatihan melalui rangkaian kegiatan workshop yang dapat membantu pengembangan usaha.

(rr/Syam)