www.beningpost.com

Tak hanya dalam kejuaran sepakbola saja untuk menentukan gelar juara bilamana skor nya masih imbang, namun ternyata dalam kompetisi barista pun berlaku hal yang sama.

Persaingan sengit yang ditunjukan oleh para barista dalam grand final kejuaraan JAVAROMA - ASEAN Barista Team Championship (ABTC) 2019 yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia berlangsung cukup tegang, terutama pada saat penentuan gelar juara.

Kejadian menarik berlangsung pada sesi grand final ketika tim asal Singapura “SG Expendables” tengah bertanding melawan tim Indonesia “Hungry Bird” dan berakhir dalam keadaan berimbang dalam waktu 15 menit dengan menyajikan 20 gelas kopi.

Hal ini sungguh mengejutkan dan tentunya diluar dugaan kedua tim yang tengah bertanding, setelah mereka berharap cemas siapa yang menjadi juara. Rupanya ketegangan terjadi tak hanya dikalangan peserta dan penonton, namun di pihak dewan juri bertaraf internasional pun cukup kesulitan menentukan juaranya.

Setelah melakukan diskusi, kemudian Ketua Dewan Juri asal Australia Justin Metcalf mengumumkan bahwa kedua tim mempunyai nilai yang sama atau draw, dan minta dilakukan pengulangan, dengan waktu perpanjangan yang diberikan hanya 5 menit.

Ini pertama kali dalam sejarah kompetisi barista, terjadinya pengulangan kompetisi, dimana kedua tim diharuskan untuk menyajikan 7 gelas kopi dalam waktu 5 menit.

Raut wajah kedua tim tertunduk lesu sambil berharap keluar sebagai yang terbaik jelang pengumuman pemenang dari dewan juri. Akhirnya tiba lah saat yang ditunggu, Ketua Dewan Juri kembali mengumumkan bahwa Tim Singapura ternyata berhasil memenangkan pertandingan terakhir ini, sekaligus merebut gelar Juara Tim Barista ASEAN.

Hasil Kejuaraan Javaroma – ABTC 2019 adalah Juara Umum : SG Expendables dari Singapore sekaligus berhak membawa piala dan uang tunai sebesar USD 5.000, kemudia 1st Runner Up : Hungry Bird asal Indonesia dan berhak menerima uang tunai sebesar USD 3.000 serta piala.

Kemudian  2nd Runner Up : First Officer dari Thailand, selain membawa pulang uang tunai sebesar USD 2.000 juga piala, dan keluar sebagai 3rd Runner           Up : Coffeeholic 4 dari Malaysia mendapatkan piala.

Kejuaraan berlangsung selama 2 hari di kejuaraan perdana yang bernama JAVAROMA ASEAN Barista Team Championship 2019 dilangsungkan berbarengan dengan berlangsungnya Food & Hotel Indonesia 2019 pada tanggal 26 dan 27 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dihadiri oleh Yang Mulia Dr. AKP Mochtan, Deputy Secretary General kantor Sekretariat ASEAN Secretariat yang hadir sebagai Tamu Kehormatan, kejuaraan yang baru pertama dilangsungkan ini menarik perhatian lebih dari 1.000 pengunjung yang menyaksikan rangkaian acara sampai pada penobatan Tim Juara Umum yang juga menjadi Tim Juara se-ASEAN ini.

“Bersama ini saya juga turut menyampaikan selamat kepada para tim pemenang atas segala usaha tebaik yang telah mereka perlihatkan sepanjang kejuaraan ini. Kejuaran ini membuktikan betapa pentingnya peningkatan keahlian dan keterampilan para barista di ASEAN yang juga menggambarkan kualitas layanan yang istimewa di lingkungan kafe tempat mereka bekerja,” demikian puji Mr. Victor Mah, President  ASEAN Coffee Federation.

Diselenggarakan dalam rangkaian acara salah satu expo makanan dan minuman terbesar di Indonesia, yaitu Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019, kejuaraan yang diadakan sepanjang 2 hari ini berlangsung menarik, dan merupakan sebuah ajang penting bagi para barista untuk memperlihatkan kemampuan dan kemahiran mereka baik secara individual maupun dalam format kerjasama tim.

Acara ini merupakan awal dari seri kejuaraan Tim Barista ASEAN yang akan terus dilangsungkan di tahun-tahun mendatang – yang akan diselenggarakan oleh ACF untuk menjadi acara tahunan.

Steven Tan, Executive Director ACF, menyatakan bahwa sebagai kejuaraan perdana, acara ini berakhir dengan spektakuler bagi kalangan barista dan perkopian di Asia Tenggara.

“Saya juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada kantor Sekretariat ASEAN yang memberikan dukungan, juga kepada Presenter Utama kami, JAVAROMA dan para sponsor lainnya yang telah mewujudkan berlangsungnya kejuaraan ini,” ujarnya.

Kejuaraan yang disaksikan lebih dari 1.000 penggemar kopi akhirnya berakhir dengan terpilihnya Tim Juara yang memenangkan hadiah utama senilai 10,000 Dollas AS.

(rr/Syam)