www.beningpost.com

Memperingati Hari Anak 2019, Regal Springs Indonesia menyajikan produk Naturally Better Tilapia yang tak hanya sehat namun juga mudah diolah menjadi menu yang sehat bagi anak-anak Indonesia

Dalam memperingati Hari Anak yang jatuh pada 23 Juli 2019, Regal Springs Indonesia menyuguhkan produk ikan tilapia yang mengandung nutrisi tinggi dan mudah diolah menjadi menu yang disukai anak-anak Indonesia.

Di tengah adanya kebutuhan asupan gizi yang mencukupi bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, tilapia hadir sebagai sumber protein tinggi (Informasi tentang gizi tilapia bisa dilihat di sini), yang mudah dicerna oleh anak dan tidak mengandung bau amis dan bau lumpur.

Anak-anak Indonesia masih berada dalam bahaya, meski telah terjadi penurunan angka gizi buruk dan stunting. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI, angka gizi kurang telah turun dari 19,8 persen ke 17,7 persen. Keberadaan anak stunting turun dari 37,8 persen menjadi 30,8 persen.

Sebaliknya, angka obesitas pada anak-anak Indonesia malah cenderung meningkat, akibat dari pola diet yang salah serta konsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan.

“Indonesia mengalami double burden malnutrition, atau biasa disebut gizi ganda, sehingga di satu sisi anak-anak Indonesia masih ada yang mengalami kekurangan gizi dan stunting, di sisi lain anak-anak juga mengalami over malnutrition obesitas,” tutur Dr. Dase Hunaefi, pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dase mengatakan, anak-anak Indonesia membutuhkan keseimbangan, sebab permasalahan gizi anak berhubungan dengan pola diet dan kebiasaan konsumsi. Anak-anak yang kekurangan gizi kebanyakan mengandalkan makanan yang mengandung karbohidrat saja sehingga mengalami KEP (kekurangan energi protein) dan kebanyakan mereka berasal dari kalangan perekonomian lemah.

Ikan, kata Dase, sangat cocok bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Sebab ikan mengandung gizi yang baik dan berimbang di mana ikan mengandung asam lemak esensial dan protein tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

Ikan air tawar tak kalah bernutrisi dibandingkan ikan air laut. Bahkan, ikan air tawar seperti ikan tilapia, justru mengandung omega 3 dan omega 6 yang seimbang dan mencukupi kebutuhan gizi bagi anak anak.

Menurut Dase, per sajian 100gram ikan tilapia menghasilkan 110 kkal. Kontribusi gizi ikan tilapia terhadap angka kecukupan gizi (AKG):  Lemak dan Asam lemak esensial 0,5 g= 1% AKG; protein yang sangat tinggi 20 gram = 34% AKG; karbohidrat total 6 gram = 2% AKG; Natrium 25 mg = 2% AKG; Kalium 340 mg = 7% AKG; Vitamin D 230 % AKG; dan Kalsium = 10% AKG.

Di sisi lain, ikan tilapia produksi Regal Springs Indonesia telah mematahkan banyak anggapan orang mengenai ikan air tawar.

Ikan tilapia Regal Springs Indonesia dibudidayakan secara berkelanjutan di perairan air tawar di danau Toba dan di Jawa Tengah dengan kualitas air yang sangat baik, serta diberi pakan yang bebas bahan kimia, pengawet, dan antibiotik, sehingga menghasilkan ikan kelas premium yang sehat dan bebas bau tanah atau lumpur.  

Yeri Afrizon, Head of Sales & Marketing, Regal Springs Indonesia mengatakan, dalam rangka Hari Anak tahun ini, kami ingin berkontribusi pada upaya pemenuhan gizi anak-anak kita dengan menghadirkan bagi konsumen di Indonesia pilihan ikan air tawar yang sehat dan penuh gizi dan nutrisi, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di Indonesia.

“Sebab ikan tilapia kami adalah hasil dari budidaya dan pengolahan yang telah memenuhi semua standar regulasi lokal, nasional dan internasional, serta standar sertifikasi teratas di dunia,” ujar Yeri.

(rr)