www.beningpost.com

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penuh kemenangan bagi seluruh umat Muslim di dunia termasuk lebih dari 200 juta umat Muslim di Indonesia.

Idul Fitri juga merupakan waktu yang tepat untuk saling mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan sahabat dengan cara saling berkunjung, saling memohon maaf serta kembali berkumpul untuk mengukuhkan tali persaudaraan.

Idul Fitri juga menjadi momen untuk berlibur bersama keluarga baik itu ke berbagai kota di dalam negeri maupun di luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Inggris.

Mastercard terus berupaya menciptakan berbagai solusi pembayaran yang nyaman dan aman sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan transaksi pembayaran di manapun Anda berada.         

Berikut beberapa tips aman untuk melakukan transaksi di luar negeri dari Mastercard:

#1 Bawa uang tunai secukupnya dan gunakan kartu debit untuk tarik tunai

Membawa uang tunai dalam jumlah besar pada saat bepergian akan berisiko tinggi terhadap keamanan dan kenyamanan Anda. Jadi jika Anda ingin tetap memiliki uang tunai untuk keadaan darurat, maka disarankan untuk membawa secukupnya saja.

Hal ini karena ke manapun Anda pergi, Anda dapat menarik uang tunai menggunakan kartu debit Mastercard di mesin-mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terdapat di negara tujuan. Anda akan memperoleh nilai tukar terbaik dibandingkan jika menukar mata uang asing di negara Anda.

Kartu debit Mastercard Anda diterima secara global, dengan berbagai fitur keamanan canggih pada saat melakukan transaksi antar negara (cross-border) di manapun di seluruh dunia.   

Tidak hanya itu, guna memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi Anda yang sedang berlibur di Inggris, Singapura atau Malaysia, Mastercard memperkenalkan sebuah layanan bernama Mastercard® ATM Locator untuk membantu Anda menemukan lokasi mesin-mesin ATM jaringan Mastercard terdekat.

Anda hanya perlu mengunjungi website Mastercard® ATM Locator, masukkan lokasi tempat Anda berada di kolom pencarian, selanjutnya Anda akan dapat melihat daftar ATM terdekat di lokasi tersebut.

#2 Pastikan menyimpan kartu dan kontak bank Anda di tempat yang aman

Selalu waspada dan hati-hati pada saat menggunakan mesin ATM yang berada di tempat yang minim penerangan, dan pastikan bahwa tidak ada orang yang mencurigakan di sekitar Anda.

Setelah melakukan penarikan tunai di mesin ATM, Anda disarankan untuk segera menyimpan kartu dan uang Anda di tempat yang aman untuk menghindari risiko kehilangan kartu maupun pencurian.

Anda bahkan dapat menikmati fitur perlindungan tambahan untuk meningkatkan keamanan kartu apabila kartu Anda telah dilengkapi dengan teknologi chip. Sebagai contoh, teknologi chip EMV (Europay, Mastercard, Visa) yang terintegrasi di dalam kartu debit Mastercard Anda.

Layanan ini bekerja dengan cara membuat setiap transaksi menjadi unik dan tidak dapat ditiru, sehingga semakin memperkecil kemungkinan penipuan atau pencurian data transaksi Anda.

#3 Gunakan Personal Identification Number (PIN) yang berbeda untuk setiap kartu

Selain itu, gunakan PIN yang berbeda untuk setiap kartu Anda, karena ini merupakan cara terbaik untuk menjaga keamanan kartu. Jangan menuliskan PIN pada benda yang ditaruh di dalam dompet, maupun pada kartu itu sendiri.

Apabila Anda lupa PIN atau kartu Anda hilang, segera laporkan hal tersebut kepada bank penerbit kartu Anda. Pastikan Anda memiliki detail kontak bank Anda di tempat yang mudah diakses agar dapat melaporkan kasus kehilangan atau pencurian, sehingga mereka dapat langsung memblokir kartu Anda serta memberikan kartu pengganti secepatnya.

#4 Periksa kembali laporan transaksi Anda

Periksa setiap bukti transaksi dan lihat apakah ada transaksi yang mencurigakan. Pastikan bahwa jumlah yang tertera pada bukti transaksi sudah sesuai dengan transaksi yang Anda lakukan. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera hubungi bank Anda.

Sebelum bepergian, Anda juga disarankan untuk menghubungi bank Anda dan memberikan notifikasi mengenai rencana perjalanan Anda. Dengan demikian, bank Anda akan membantu memonitor transaksi Anda dan segera mengirimkan notifikasi saat ada transaksi yang mencurigakan.

Apabila bank Anda menawarkan fitur notifikasi transaksi melalui SMS, aktifkan fitur tersebut sebelum Anda bepergian, sehingga Anda dapat menerima pesan notifikasi setiap kali Anda melakukan transaksi melalui kartu Anda.

(rr/Syam)