www.beningpost.com

Perusahaan bahan kimia khusus, LANXESS, telah merilis penjualan grup LANXESS naik 10,2% dari EUR 6,53 miliar di tahun sebelumnya menjadi EUR 7,197 miliar. Di angka EUR 431 juta, pendapatan bersih jauh lebih tinggi dari angka tahun sebelumnya EUR 87 juta.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan year-on-year dalam hasil operasi, serta efek dari penjualan 50% saham di ARLANXEO. Selain itu, pendapatan bersih tahun sebelumnya juga dikurangi dengan biaya-biaya one-off yang hanya terjadi satu kali.

Sementara EBITDA prapengecualian meningkat 9,8% menjadi EUR 1,016 miliar di tahun 2018. Seperti perkiraan, penghasilan berada di ujung atas kisaran sebesar 5-10% di atas angka tahun sebelumnya sebesar EUR 925 juta (tanpa ARLANXEO).

“Kami membuat kemajuan yang sangat baik secara strategis dan operasional: LANXESS kini memiliki fokus yang sangat jelas, yaitu bahan kimia khusus,” tutur Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management, LANXESS AG.

Hari ini, ujar Zachert, perusahaan kami lebih untung, lebih stabil dan lebih kompetitif dari sebelumnya, dan hal tersebut membuahkan hasil.

Hasil operasi yang baik didorong terutama oleh kekuatan operasi dari segmen Advanced Intermediates, Specialty Additives dan Engineering Materials, serta integrasi Chemtura dan bisnis aditif fosfor yang diakuisisi dari Solvay. Margin EBITDA prapengecualian berada di angka 14,1%.

Dividen Meningkat Lagi

Board of Management dan Supervisory Board akan mengusulkan dividen sebesar EUR 0,90 per saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 23 Mei 2019. Angka ini akan menjadi 12,5% lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Tonggak Strategis di Tahun 2018: Penjualan Bisnis Karet Selesai

Ketika tahun fiskal 2018 berakhir, LANXESS mencapai tonggak sejarah lain dalam penataan kembali perusahaan.

Pada tanggal 31 Desember, perusahaan bahan kimia khusus ini menyelesaikan penjualan sisa 50% kepemilikannya di perusahaan karet ARLANXEO kepada mantan mitra usaha patungannya Saudi Aramco.

Kedua perusahaan mendirikan usaha patungan tersebut pada tanggal 1 April 2016. LANXESS menerima hasil sekitar EUR 1,4 miliar untuk bagiannya, di mana LANXESS telah menggunakan EUR 200 juta untuk membiayai kewajiban pensiunnya lebih lanjut. Sejumlah EUR 200 juta lainnya digunakan untuk pembelian kembali saham, yang akan diselesaikan pada akhir tahun fiskal saat ini.

“Kami telah menggunakan hasil dari penjualan saham kami di ARLANXEO untuk lebih memperkuat neraca kami. Selain itu, kami telah memperoleh ruang lingkup tambahan untuk mendorong pertumbuhan perusahaan, baik secara organik maupun melalui akuisisi,” ujar Michael Pontzen, Chief Financial Officer, LANXESS AG.

(rr)