www.beningpost.com

Mengawali awal tahun 2019, pengguna smartphone aktif pastinya akan menggunakan memori dan storage yang ada di dalam tiap ponsel cerdas dengan maksimal.

Baik untuk menyimpan foto-foto saat berlibur, video-video perayaan tahun baru, ataupun banyaknya pesan gambar dari keluarga dan kerabat. Namun, penggunaan memori menjadi tidak optimal lantaran penggunaannya yang kurang tepat.

Vivo Smartphone memiliki rangkaian ponsel cerdas yang dilengkapi dengan memori RAM (Random Access Memory) dan storage dengan kapasitas cukup besar untuk mendukung berbagai aktivitas multitasking pengguna.

Untuk mengoptimalkan penggunaan memori di smartphone vivo perlu dilakukan pembersihan berkala secara tepat dan cermat agar data penting di dalamnya tidak ikut terbuang. 

Jason Fanjaya, Product Manager Vivo Indonesia menyatakan, Vivo menyediakan tool yang efektif untuk membersihkan trash file dan membersihkan memory cache sehingga smartphone bisa kembali beroperasi dengan lancar.

Namun pengguna juga bisa melakukan teknik pembersihan secara manual untuk memperbesar kembali ruang memori di ponselnya.

Sistem operasi FunTouch 4.5 berbasis Android Oreo 8.1 yang digunakan di seri Vivo V11 Pro dan V11 cukup cerdas untuk bisa mengetahui data yang diperlukan oleh pengguna dan seberapa lama data diperlukan oleh aplikasi.

Apabila aplikasi sedang diam atau idle dalam waktu lama, maka sistem operasi akan membersihkan data. Pada saat yang sama, Android akan membersihkan file lama di RAM ketika file yang baru memerlukan ruang penyimpanan.

Cara terbaik untuk mengurangi pemakaian RAM di smartphone vivo adalah dengan dengan menggunakan menu Settings > RAM and storage space. Pengguna bisa men-tap RAM untuk membersihkan memori dan Clean Up Storage Space lalu memilih Empty Trash untuk membersihkan cache sampah dari aplikasi sehingga kapasitas storage akan kembali besar.

Pengguna smartphone vivo juga dapat membersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak pernah digunakan namun masih tersimpan di dalam storage dengan memilih “Rarely Used Apps.”

Pada bagian ini, pengguna dapat membuang data dari aplikasi tersebut atau meng-uninstall aplikasi sekaligus untuk memperbesar ruang simpan data.

Selain itu, pengguna Vivo V11 / V11 Pro juga dapat mengecek pada bagian Other Files yang menyimpan APK, archives atau arsip, dokumen, musik, dan sebagainya. File-file berukuran besar yang kadang tertinggal saat pengguna meng-uninstall aplikasi juga bisa dibersihkan melalui Uninstallation Residual.

Ketika pengguna sering menjalankan aplikasi media sosial dan messaging dalam waktu cukup lama, maka data percakapan, gambar, video akan menumpuk di dalam ROM.

Pengguna dapat memanfaatkan App Cleanup untuk membersihkan aplikasi yang menguras memori cukup besar dan memenuhi storage. Membersihkan file yang dobel juga akan berpengaruh positif untuk menambah kapasitas ruang simpan data di smartphone.

Tak kalah penting, pengguna perlu membersihkan beberapa foto dan video yang memiliki kemiripan atau sama. Caranya dengan memilih Photo Cleanup. Pengguna smartphone dapat memindahkan foto atau video yang masih diperlukan ke komputer atau layanan cloud agar ruang storage kian lapang.

Teknik pembersihan memori RAM dan ROM ini dapat pula dilakukan dengan tool iManager yang disertakan dalam smartphone terbaru vivo seri Y dan V.

"Pengguna smartphone biasanya baru sadar kalau kinerja ponselnya melambat karena RAM dan ROM sudah terlalu penuh padahal dengan melakukan clean up secara teratur menggunakan tool yang telah tersedia dalam smartphone vivo, maka ponsel cerdas kesayangan akan terus powerful kinerjanya,”  pungkas Jason.

(rr)