www.beningpost.com

Malam pergantian tahun adalah momen untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Beberapa kota pun menjadi destinasi favorit untuk menyambut datangnya tahun 2019.

Tokyo, Paris dan New York City tercatat sebagai tujuan utama untuk menghabiskan malam tahun baru. Demikian menurut Agoda, agen perjalanan online (OTA) dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Tokyo menjadi destinasi tahun baru favorit bagi wisatawan asal China dan Singapura. Kota ini memancarkan daya tariknya dengan padatnya jadwal konser, parade, dan pertunjukan cahaya.

Sementara Paris, dengan banyaknya pesta tematik, acara hitung mundur tahun baru di landmark terkenal serta pertunjukan untuk seluruh keluarga, berhasil membawa kota ini di posisi teratas untuk destinasi Tahun Baru di Eropa. Kota yang disebut 'The City of Love' ini menjadi sepuluh destinasi favorit bagi wisatawan asal Inggris, Israel, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Salah satu selebrasi malam tahun baru yang paling terkenal adalah ball drop di Times Square, New York City. Selain dipadati masyarakat yang ingin ikut ambil bagian, acara ini biasanya juga bertabur bintang. Tak heran New York City menjadi destinasi paling top di Amerika bagi wisatawan global dan di peringkat kedua tujuan favorit bagi penduduk setempat yang ingin menghabiskan malam tahun baru.

Berikut data yang dikumpulkan per 31 Desember 2018 oleh Agoda.

 

Asia

Eropa

Amerika

1

Tokyo

Paris

New York City (NY)

2

Bangkok

London

Las Vegas (NV)

3

Taipei

Barcelona

Los Angeles (CA)

4

Seoul

Roma

Orlando (FL)

5

Osaka

Berlin

Oahu (HI)

6

Pattaya

Amsterdam

San Francisco (CA)

7

Taichung

Istanbul

Chicago (IL)

8

Hong Kong

Praha

New Orleans (LA)

9

Bali

Madrid

Miami (FL)

10

Chiang Mai

Milan

Toronto

Bagaimana dengan Indonesia?

Bali masih menjadi destinasi favorit wisatawan asal Indonesia untuk menghabiskan malam tahun baru. Meriahnya perayaan pergantian tahun di Pulau Dewata tersebut, masih menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal. Destinasi favorit selanjutnya adalah Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Tahun ini, lebih banyak warga Indonesia yang memilih untuk menikmati malam pergantian tahun di luar negeri, seperti Singapura dan Kuala Lumpur. Bangkok baru kali ini masuk dalam daftar destinasi tahun baru. Sementara Tokyo naik tiga peringkat ke posisi lima tujuan favorit. 

Berikut selengkapnya destinasi favorit untuk malam tahun baruan WNI, per 31 Desember 2018. 

 

2016

2017

2018

1

Jakarta

Jakarta

Bali

2

Bali

Bali

Yogyakarta

3

Bandung

Bandung

Jakarta

4

Yogyakarta

Yogyakarta

Bandung

5

Singapura

Surabaya

Tokyo

6

Surabaya

Singapura

Singapura

7

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

8

Semarang

Tokyo

Bangkok

9

Bogor

Malang

Surabaya

10

Solo (Surakarta)

Semarang

Malang

(rr/DZ)