www.beningpost.com

Perkembangan Indonesia dalam sektor industri nampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat adanya target sebesar 5,6 persen yang dibidik oleh Kementerian Perindustrian pada 2018 ini.

Program Mesin Cerdas tahun ini akan menghadirkan 4 keunggulan dalam bidang manufakturnya, yaitu:  Alat mesin, Mesin injeksi plastik, Peralatan periferal otomatis, dan Platform dari IoT (Internet of Things).

Saat ini Taiwan sebagai salah satu pemasok utama dari peralatan mesin di pasar Indonesia, berusaha akan terus melayani Indonesia sebagai mitra terbaik.

Hal tersebut guna peningkatan negara dalam hal produksi dari segi industri agar terus maju dan berkembang, apalagi produksi Industri Indonesia sedang mengalami peningkatan yang signifikan, maka daripada itu Presiden Tsai Ing-wen membuat program ini, yang bertujuan untuk memperkuat rantai nilai industri dalam manufaktur yang cerdas.

Taiwan tetap menjadi salah satu pemasok utama dari peralatan mesin di pasar Indonesia dan akan terus melayani Indonesia sebagai mitra terbaik.

Dalam hal Impor peralatan dan asesoris mesin buatan Taiwan pada tahun 2017 misalnya, sudah mencapai 69 juta dolar AS, hal tersebut yang menjadikan Indonesia sebagai pemasok peralatan mesin terbesar ketiga, yang telah menyumbangkan 11,23% dari total impor tahunannya, yang bernilai 614,6 juta dolar AS.

Sementara itu, mulai dari bulan Januari hingga bulan Agustus tahun ini, impor peralatan mesin dan aksesoris buatan Taiwan telah mencapai 50.243 juta, dan meningkat 3.50% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Guna meningkatkan produksi Industri Indonesia yang kompeten, Taiwan memamerkan alat mesin manufaktur dengan inovasi terbarunya dalam acara Manufacturing Indonesia 2018 yang diselenggarakan pada Tanggal 5-8 Desember 2018 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Adanya acara ini berguna untuk  meningkatkan kualitas manufaktur dan efisiensi dari permesinan; mengurangi tenaga kerja dan meningkatkan stabilitas mesin; dan memonitor penggunaan energi untuk seluruh pabrik.

(rr/Syam)