www.beningpost.com

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari budaya lokal adalah melalui makanan dan minumannya. Tidak ada yang lebih baik dalam mengeksplorasi cita rasa suatu negara secara harfiah, selain dari kebun anggurnya.

Dulu, destinasi para pencinta wine hanyalah Eropa yang merupakan kawasan klasik penghasil anggur dan hanya terjangkau untuk kalangan tertentu. Kini, perjalanan ke perkebunan anggur dapat ditemukan di hampir setiap benua dan bisa diakses oleh pengunjung dengan berbagai level anggaran.

Agoda, salah satu agen perjalanan online (OTA) yang berkembang pesat di dunia, mengungkap sembilan negara penghasil anggur dalam tiga kawasan, yang tidak boleh dilewatkan para pencinta wine:

Kawasan Klasik Penghasil Anggur

1# Tur Cantina di Tuscany, Italia

Wine Chianti terbaik dapat ditemukan di kota Tuscan. Nama Chianti sendiri terinspirasi dari daerah asalnya, Greve in Chianti. Tidak ada salahnya Anda mampir ke cantina (gudang anggur) dan mencicipi wine-nya. Jika tertarik belajar tentang produksi anggur, kebun-kebun anggur seperti Winery Montefioralle menawarkan tur dan mencicipi wine.

Untuk menikmati penginapan ala Tuscan, Anda bisa menuju Agoda Home Borgo Di Pietrafitta Relais, vila farmhouse yang telah direnovasi dan memiliki pemandangan bukit dan kebun yang mengesankan.

2# Cicipi anggur merah pemenang penghargaan di Provinsi Nevşehir, Turki

Mungkin nama Turki tidak segera terlintas di benak Anda saat bicara tentang produksi anggur, namun sejarah mereka dalam pembuatan anggur sebenarnya sudah dimulai sejak 7.000 tahun silam. Kini, Turki terkenal dengan kebun anggur butiknya yang menghasilkan anggur putih dan merah berkualitas.

Kawasan pantai Aegean lebih banyak memproduksi wine, namun jangan lewatkan kunjungan ke Kocabag Winery di Provinsi Nevşehir, yang terkenal dengan cerobong peri Göreme. Di sini Anda dapat belajar tentang anggur di Turki yang kaya akan sejarah dan mencicipi anggur merah berkualitas pemenang penghargaan.

Hanya 10 menit berkendara, Anda akan melihat Grand Cappadocia Hotel, yang lokasinya cukup strategis di pusat Göreme. Anda pun dapat menikmati perabotan tradisional ala Turki serta cantiknya pemandangan kota dari teras kamar Anda.

3# Napak tilas budaya wine di Burgundy, Prancis

Prancis identik dengan wine berkualitas. Ini sebabnya daftar wine belum bisa dikatakan lengkap bila belum memasukkan wine dari Prancis! Salah satu acara wine terpenting adalah yang diadakan setiap Oktober di kota Chablis, wilayah Burgundy. Semua pencinta wine, mulai dari pemula hingga yang berpengalaman, dapat ikut serta mencicip wine, pelatihan, serta kegiatan bertema wine lainnya. Anda dapat mengunjungi tempat ini sepanjang tahun dan mencicipi anggur yang ditawarkan.

Hôtel Le Maxime, hanya 20 menit dari Chablis, adalah hotel menawan yang menghadap ke Sungai Yonne. Tempat-tempat bersejarah, belanja dan kuliner ada di dekatnya.

Kawasan Modern Penghasil Anggur

4# Sesap Cabernet Sauvignon di bawah sinar matahari California, AS

Cuaca hangat di California sepanjang tahun, musim tanam panjang, dan lebih dari 30 jenis tanah yang berbeda, memberi kontribusi terhadap reputasi Napa Valley sebagai produsen Cabernet Sauvignon terbaik. Dengan lebih dari 400 kilang anggur yang tersedia, gelas wine Anda tentu tidak akan pernah kosong!

Silverado Resort and Spa hanya berjarak 12 menit berkendara dari jalur wine Napa Valley. Layanan spa yang lengkap mampu mengembalikan kesegaran Anda setelah mencicip wine sehari atau dua hari  penuh.

5# Cobalah anggur putih ‘Down Under’ di seputar Margaret River, Australia

Kawasan wine Margaret River di Australia Barat adalah tempat bagi sekitar 215 kebun anggur dan dikenal dengan varietas Riesling dan Sauvignon Blanc yang sangat baik. Hutan, kebun anggur dan pantai yang indah di kawasan ini adalah latar belakang sempurna untuk kunjungan ke kebun anggur.

Cape Lodge adalah hotel bergaya country yang terletak tepat di pusat kawasan wine Margaret River. Properti ini berada di kebun anggur pribadi, sehingga Anda tetap dapat menikmati indahnya tanah merah dan anggur yang tumbuh merambat, meski gudang anggur sudah tutup.

6# Menyelami sejarah pembuatan wine Jepang di Yamanashi, Jepang

Meskipun budidaya anggur memiliki sejarah panjang di Jepang, produksi anggur tidak dimulai sampai paruh kedua abad ke-19. Château Mercian yang terletak di pusat kawasan anggur Yamanashi, adalah salah satu kilang anggur Jepang yang paling diakui secara internasional dan memiliki museum sendiri yang gratis untuk semua pengunjung.

Gunung Fuji, satu dari tiga gunung suci Jepang, hanya setengah jam jauhnya dari lokasi ini. Di Fuji Kawaguchiko Onsen Hotel New Century, pemandangan indah dapat langsung Anda nikmati dari kamar hotel.

Kawasan Penghasil Anggur yang Sedang ‘Populer’

7# Jajal pemain wine baru di Ningxia, Cina

Cina telah membuat minuman beralkohol dari anggur sejak Zaman Neolitik, tetapi tidak sampai akhir 1970-an mereka telah memasuki kancah anggur internasional. Ningxia, salah satu wilayah anggur yang sedang populer di Cina, sudah memiliki 100 kebun anggur, yang banyak mendapat penghargaan di pameran wine internasional. Sejumlah kilang anggur ini terbuka untuk tur dan area pencicipan.

Yinchuan Xifujing Hotel yang terletak di jantung ibu kota Ningxia, Yunchuan, menawarkan para tamu akses ke semua pemandangan di kota ini, serta akses cepat ke kebun-kebun anggur di sekitarnya.

8# Berkendara melalui kawasan anggur Khao Yai, Thailand yang indah

Hanya dua jam berkendara dari Bangkok, di Khao Yai Anda akan menikmati iklim sejuk pada ketinggian 350 meter di atas permukaan laut dan beragam jenis tanah yang menghasilkan Shiraz dengan rasa buah yang ringan. GranMonte Asoke Valley Winery adalah salah satu perkebunan anggur yang menyediakan tur dan telah menerima penghargaan Agritourism dari Kementerian Pariwisata Thailand selama empat tahun berturut-turut.

Berkendara singkat dari kebun-kebun anggur Asoke Valley, Anda akan menemukan Town Square Suites by Toscana Valley,  vila Italia yang menawarkan suasana yang tenang namun juga pemandangan pegunungan.

9# Nikmati Rosé terbaik Bali, Indonesia

Meskipun industri wine di Indonesia terbatas, kebun-kebun anggur seperti Hatten Wines di Bali berkembang pesat. Perkebunan Hattan Wines dimiliki oleh keluarga Bali asli dan dikenal karena wine rosé unggulannya. Kunjungi pusat kedatangan perkebunan anggur, Anda dapat mempelajari tahap-tahap pertumbuhan tanaman anggur, sebelum mulai mencicipi.

Eat Sleep Skate adalah penginapan terdekat, lengkap dengan sarapan pagi. Tidak hanya menyediakan empat macam pondok kayu tradisional, hotel ini bahkan juga menyediakan taman skate sendiri. Menarik, bukan.