www.beningpost.com

Peringati Hari Asuransi, PT Asuransi Sinar Mas Gelar Literasi Keuangan dan Bagikan Kartu Asuransi Mikro bagi Petani di Kecamatan Amurang, Minahasa Selatan.

Pada kegiatan kali ini, literasi keuangan diberikan kepada petani di Kelurahan Rumoong Bawah, Amurang di Kabupaten Minahasa Selatan - Sulawesi Utara.

"Petani merupakan salah satu sasaran program Literasi dan Inklusi Keuangan Asuransi Sinar Mas pada tahun 2018. Selain petani, literasi keuangan juga diberikan kepada pelajar, pelaku UMKM dan santri," jelas Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas.

Dumasi ingin petani juga mengetahui mengenai cara merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik serta mengenal alat untuk mengelola keuangan yaitu asuransi.

Literasi keuangan kali ini dilakukan bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada setiap bulan Oktober serta juga Hari Asuransi yang jatuh pada tanggal 18 Oktober.

"Kami memberikan apresiasi kepada Asuransi Sinar Mas yang mengadakan kegiatan literasi ini. Asuransi adalah bentuk perlindungan,” jelas Ir. Decky E Keintjem M. Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan yang membacakan sambutan Bupati Minahasa Selatan.

“Literasi keuangan kami nilai sangat penting karena tingkat kesadaran masyarakat masih rendah. Kami berharap petani dapat memanfaatkan kesempatan yang sangat baik ini untuk menambah wawasan untuk mengelola keuangan yang dimiliki,” paparnya.

Seperti kegiatan literasi keuangan sebelumnya, pada acara ini peserta literasi juga mendapatkan perlindungan Kartu Asuransi Mikro Simas Petani.

Simas Petani merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan santunan tunai harian akibat demam berdarah.

Terdapat 2.000 an Petani di Amurang yang akan menerima perlindungan asuransi Simas Petani dan penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh 400 peserta yang mengikuti literasi hari ini.

Pemberian perlindungan asuransi mikro ini ditujukan agar setelah edukasi, peserta dapat langsung mengetahui bentuk serta manfaat dari proteksi keuangan melalui berasuransi. Hal ini juga untuk mendukung peningkatan Inklusi Keuangan.

Asuransi Sinar Mas sepanjang tahun 2017 telah melaksanakan literasi di beberapa kota diantaranya yaitu di kota Laguboti-Balige, Kabupaten di sekitar Danau Toba, Merauke - Papua, Brebes - Jawa Tengah, Kabupaten Humbang Hasundutan - Sumatera Utara, Bukittinggi dan Padang - Sumatera Barat, Mataram - Nusa Tenggara Barat, dan Pulau Solor - Nusa Tenggara Timur.

Di tahun 2018, ASM telah mengadakan literasi keuangan di kota Serdang Bedagai - Sumatera Utara, Mataram - Nusa Tenggara Barat, Padangsidimpuan, Belitung - Bangka Belitung dan Laguboti-Balige, Sumatera Utara.

(rr/Syam)