www.beningpost.com

Sebagai rangkaian peringatan Hari Kartini 2017, pada Jumat (21/4) JEC mempersembahkan program special Eye Check yang menyasar kaum perempuan.

Penyelenggaraan program yang berlangsung 1 (satu) hari penuh di JEC @ Kedoya ini merupakan bentuk apresiasi JEC kepada para perempuan Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan mata secara berkala.

Dr. Damara Andalia, SpM., Head of Eye Check JEC, menyampaikan, “Kebanyakan masyarakat melakukan pemeriksaan mata ketika merasakan gangguan pada mata mereka, dan dalam beberapa kasus kondisi kesehatan matanya sudah cukup parah. JEC mengajak masyarakat khususnya perempuan Indonesia untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata dengan melakukan eye check secara rutin.”

Program eye check Hari Kartini yang didukung dengan peralatan dan sumber daya yang mumpuni, pasien akan melalui tahapan eye check yang komprehensif, mulai dari tes fungsi penglihatan (dengan atau tanpa alat bantu koreksi), pemeriksaan bagian depan mata (kornea, pupil dan iris mata dan bagian belakang mata (retina dan saraf mata) dengan menggunakan alat scan digital.

Eye check dapat membantu kita mengetahui lebih dini kelainan atau penyakit mata, seperti: katarak (kekeruhan pada lensa mata), retinopati diabetika (kerusakan atau perdarahan pada pembuluh darah di belakang mata karena penyakit diabetes), glaukoma (menyebabkan kerusakan pada syaraf penglihatan), dan penurunan fungsi penglihatan karena usia.

Selain pemeriksaan mata, pasien yang ikut serta dalam program eye check Hari Kartini juga memberikan kontribusi mereka terhadap penanggulangan glaukoma di Indonesia. JEC akan mendonasikan sebagian biaya eye check untuk Yayasan Glaukoma Indonesia (GKI).

“Glaukoma sering disebut sebagai ‘si pencuri penglihatan’ dan merupakan penyakit mata no. 2 yang menyebabkan kebutaan didunia dan di Indonesia,” kata Dr. Emma Rusmayani, SpM., Dokter spesialis glaukoma JEC.

“Donasi yang kami berikan kepada Yayasan Glaukoma Indonesia merupakan bentuk kepedulian JEC bersama masyarakat, khususnya pasien perempuan yang hari ini melakukan eye check. Dengan harapan semakin berkurang tingkat kebutaan akibat glaukoma," kata Dr. Emma.

Rangkaian peringatan Hari Kartini di JEC juga mengikutsertakan seluruh karyawan JEC, yang mengenakan busana tradisional Indonesia sepanjang hari ini.

“Melalui program eye check hari ini, kami berharap masyarakat lebih memahami pentingnya deteksi dini terhadap keluhan pada kesehatan mata, sehingga dokter dapat memberi saran untuk tindakan lanjut”, tambah Dr. Damara.

(rr/DZ)