www.cbsnews.com

Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa anak-anak saat ini mengkonsumsi terlalu banyak makanan asin, seperti popcorn, keripik dan berbagai macam snack yang lainnya.

Hal ini dianggap sebagai tren yang berbahaya karena efek garam terhadap kesehatan tidak dapat diremehkan. Sebab, natrium dalam jumlah yang tinggi, masuk ke dalam sistem tubuh mereka sejak usia sangat dini.

Sejumlah ahli sepakat mengatakan bahwa mengkonsumsi garam yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, hipertensi, stroke, ginjal, jantung, dan berbagai penyakit serius yang lainnya.

Pertanyannya, berapa banyak garam yang mesti dikonsumsi oleh anak-anak Anda dalam sehari? Konsumsi harian natrium dari anak-anak sekitar 1000-1500mg. Tapi, fakta dan kenyataannya, sebagian besar anak-anak saat ini mengkonsumsi hampir dua kali lipat jumlah tersebut.

Dilansir media online berbahasa Inggris, Bold Sky, anak-anak yang mengkonsumsi garam yang berlebihan dapat menimbulkan kecanduan sampai mereka dewasa kelak. Tentu, ini tak sehat untuk proses perkembangan dan pertumbuhannya.

Oleh sebab itu, para orang tua sangat disarankan untuk menghindari dan mengurangi makanan-makanan asin dari menu makanan anak-anak mereka. Terutama snack-snack yang dibeli di sekolah dan di luar rumah. Lebih baik untuk mengganti makanan-makanan asin dengan buah-buahan dan sayuran.

 

(rr)