www.techloon.com

Sony, telah mengumumkan bahwa penjualan konsol video game PlayStation 4 di seluruh dunia melampaui 30 juta unit. PS4 menjadi konsol Sony terlaris sejak PS generasi pertama diluncurkan pada akhir 1994, menurut pernyataan Sony Computer Entertainment (SCE), Rabu (25/11). Sekitar 30,2 juta unit PS4 laris terjual di seluruh dunia hingga 22 November. 

Microsoft belum merilis laporan penjualan konsol Xbox One, yang diperkirakan mencapai sekitar 50 persen dari total penjualan PS4. Baik PS4 maupun Xbox One diluncurkan pada akhir 2013.

Khusus di AS saja, Sony Corp. telah menjual lebih dari 1 juta unit konsol game PlayStation 4 di Amerika Utara selama penjualan 24 jam pertama, meskipun perusahaan mengatakan bahwa beberapa pembeli melaporkan bahwa mereka mendapatkan beberapa masalah pada perangkat game terbaru ini.

Penjualan saat ini berada di rekor tertinggi, yang mana melampaui hasil awal dari penjualan konsol PlayStation 3 di tahun 2006. PS 4 hadir seiring CEO Kazuo Hirai mencoba untuk membuat konsol video game sebagai inti dari perubahan startegi perusahaan.

Tekanan semakin intensif kepada Hirai setelah perusahaan pada bulan lalu secara mengejutkan investor dengan kerugian yang tak terduga di kuartal kedua.

Sony memulai lebih awal pada persaingan di pasar konsol untuk merebut perhatian para pemain game dari Microsoft Corp., yang akan merilis Xbox One pada akhir pekan ini.

Produsen elektronik yang berbasis di Tokyo menghargai konsol mereka sebesar $399, atau kurang $100 dari mesin Mircosoft, seiring mereka mencari peluang dalam perputaran uang yang senilai $93 milyar setahun di dalam industri ini sebelum di mulainya musim belanja Natal.

 

(rr/Ant/AFP)