www.beningpost.com

Bumbu masak Royco Bumbu Kuning, produk terbaru Unilever Food Solutions berhasil mencatatkan rekor baru dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori  “Memasak cepat 10.000 potong ayam dengan Royco Ayam Kuning”.
 
Dalam kegiatan ini bumbu masak Royco Ayam Kuning berhasil mencatatkan rekor baru hanya dalam waktu 45 menit untuk mengungkap ayam yang telah ditaburi bumbu masak Royco Ayam Kuning, atau lima menit lebih cepat dari waktu yang ditentukan yakni 50 menit.
 
Untuk mensukeskan gelaran ini Royco dari Unilever Food Solutions menggandeng empat chef ternama di Indonesia, dengan menampilkan empat kreasi hidangan yang akan disajikan antara lain ayam woku ala Chef Vindex, ayam gulai ala Ibu Sisca Soewitomo, ayam goreng ala Chef Widhi dan ayam bakar ala Chef Muto.
 
Acara akan diikuti oleh kurang lebih 500 operator yang secara bersama-sama menyajikan empat masakan dari 10.000 ayam potong menggunakan Royco Bumbu Ayam Kuning.
 
“Gelaran ‘Memasak Cepat 10.000 Potong Ayam dengan Royco Ayam Kuning’ untuk memperkenalkan Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning serta menginspirasi operator dalam menjalankan bisnisnya,” kata Thomas Agus Pamudji, Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia, dalam gelaran acara memasak cepat, Rabu (25/1) di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
Menurut Thomas, Unilever Food Solutions menghadirkan Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning untuk membantu para operator menghemat waktu, tenaga, serta biaya saat persiapan pembuatan bumbu dasar.
 
Ditambahkannya bahwa kuliner Indonesia terkenal dan menjadi favorit karena ketika dinikmati, kekayaan rempah-rempah yang terkandung dalam bumbunya terasa sangat kenatal.
 
Sementara untuk menyajikannya ke konusmen, lanjutnya, biasanya sejak pagi para operator berbelanja ke pasar untuk membeli bahan dasar bumbu yang kemudian diolah dari awal dengan memotong, mencincang, mengulek serta menumis lalu mulai memasak.
 
Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning merupakan bumbu dasar kuning basah yang dibuat dari bahan-bahan dasar berkualitas pilihan, takaran yang disesuaikan dan telah melewati berbagai tahapan pengolahan sehingga bumbunya sangat halus.
 
Kehalusan teksturnya memungkinkan bumbu meresap dan menjamin konsistensi kelezatan cita rasa masakan. Bahkan untuk olahan ayam goreng, bumbu meresap dari kulit hingga ke tulang.
 
Penggunaannya juga masih dapat dipadukan dengan berbagai tambahan bumbu atau bahan dasar lainnya yang sesuai untuk menonjolkan rasa khas para operator dan dapat digunakan untuk berbagai kreasi hidangan.
 
Thomas berharap kehadiran Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning dapat membantu para operator untuk lebih sukses menjalankan bisnisnya, dan kegiatan hari ini dapat menginspirasi operator bahwa memasak dalam jumlah besar dan menjaga konsistensi kelezatan rasa kini dapat lebih mudah dilakukan dengan Royco Bumbu Dasar Ayam Kuning.
 
Chef Vindex Tengker selaku Brand Ambassador Unilever Food Solutions menjelaskan, tantangan memasak dalam jumlah besar adalah rasa yang disajikan harus selalu terjamin konsistensinya. Racikan bumbu yang tidak sesuai atau masakan yang belum diungkep dengan sempurna akan memengaruhi rasa masakan. Tingkat tantangan pun lebih tinggi ketika juru masak utama atau chef berhalangan datang.
 
Menurut Sisca selaku pesohor boga mengatakan, proses persiapan yang dilalui para operator setiap harinya rata-rata membutuhkan waktu dua jam. Untuk mendapatkan hasil masakan yang nikmat memang membutuhkan proses, sebagai contoh adalah olahan masakan menggunakan bumbu kuning yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia.
 
”Penggunaan bumbu yang sesuai dalam masakan sangat penting, namun perlu juga diperhatikan proses memasak seperti teknik ungkep untuk memastikan seluruh bumbu meresap sehingga menghasilkan warna, rasa dan aroma yang sempurna. Keseluruhan proses ini tidak sebentar,” jelas Sisca.
 
Dia meneruskan, hidangan berbumbu dasar kuning digemari karena cita rasa rempah-rempah yang kuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lada, jahe dan lengkuas. Ragam olahan masakannya juga favorit banyak orang seperti ayam goreng, pepes, soto serta sate.
 
(rr/Syam)