Ilustrasi/www.uhhospitals.org

Anda sering lupa nama teman, kolega dan kenalan baru Anda? Jika Anda sering mengalami hal ini, cobalah atasi dengan tidur yang cukup.

Tidur? Ya, Brigham and Women Hospital (BWH) melakukan sebuah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa orang yang tidur selama delapan jam setelah mereka berkenalan dengan orang-orang baru, memiliki ingatan yang lebih baik untuk mengingat nama kenalan barunya tersebut, ketika mereka melihat wajahnya. Bagaimana bisa? Tidur, kata penelitian itu, telah lama dikaitkan dengan masalah memori.

"Tidur adalah penting untuk mempelajari informasi baru. Sebagai orang tua, mereka lebih mungkin untuk mengalami gangguan tidur dan gangguan tidur, pada gilirannya menyebabkan masalah memori, "ujar Jeanne Duffy, seorang neuroscientist di Departemen BWH, seperti dikutip media online berbahasa Inggris, Boston Magazine.

Peserta penelitian tersebut ditunjukkan 20 foto wajah dan nama. Dua belas jam kemudian, mereka kembali ditunjukkan foto-foto yang sama, disertai dengan nama yang benar dan yang salah, lalu mereka diminta untuk menentukan mana nama yang paling tepat. Penelitian ini menemukan peserta yang melakukan kegiatan ini setelah tidur yang cukup dapat menjawab dengan benar dibandingkan mereka yang menghabiskan waktunya untuk begadang dan kurang tidur.

 

(rr)