www.reckontalk.com

Tahukah Anda saat pertama kali Christopher Columbus mencicipi pepaya, ia menggambarkan buah tropis ini sebagai “the fruit of angels”, karena kelezatan dan kandungan gizinya yang sangat kaya.

Banyak ahli gizi membuktikan, buah pepaya memang kaya akan vitamin C, A, K, E, potassium, magnesium, karoten, niacin, serat, protein dan satu enzim tertentu yang disebut papain yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, pepaya juga mengandung banyak antioksidan kuat.

Karena itu, buah pepaya sangat bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan dari pepaya, seperti dilansir media online berbahasa Inggris, Women Daily Magazine:  

1. Melembabkan Kulit

Pepaya mengandung banyak air, dan itulah mengapa buah ini dapat membantu Anda memiliki kulit lembut dan lembab. Terhindar dari kekeringan kulit. Anda bisa menggunakan pepaya untuk dikonsumsi atau buat masker wajah. Cara untuk membuat masker pepaya cukup mudah. Ambil pepaya dan air secukupnya. Potong-potong buah pepaya dan masukkan blender. Setelah Anda mendapatkan pasta halus, campurkan dengan madu dan terapkan di seluruh wajah dan leher. Tinggalkan masker selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Mencerahkan Kulit

Pepaya dapat membantu Anda mencerahkan warna kulit Anda karena mengandung sifat pemutihan alami. Vitamin C yang ditemukan dalam pepaya melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Gosokkan irisan tipis pepaya di wajah dan leher Anda. Biarkan sampai kering dan kemudian cuci dengan air dingin. Ulangi ini 4 kali seminggu.

3. Mengurangi Jerawat

Enzim papain, yang terdapat dalam pepaya dapat membantu Anda menyingkirkan pori-pori tersumbat dan mencegah munculnya jerawat.

Gosokkan sepotong pepaya pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.

4. Mengobati Tumit Kering dan Pecah-pecah

Pepaya dapat membantu Anda mengobati tumit kering dan pecah-pecah. Karena memiliki sifat pelembab, buah ini dapat membantu Anda memiliki kaki yang bagus dan halus.

Blender beberapa potong pepaya matang sampai berubah menjadi pasta. Oleskan pasta pada tumit Anda dan biarkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, cuci kaki Anda dengan air hangat. Setelah kaki Anda kering, terapkan beberapa minyak zaitun dan pakai kaus kaki katun. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan Anda akan melihat hasil yang luar biasa.

5. Menghilangkan Rambut Wajah

Enzim papain yang ditemukan dalam pepaya dapat membantu Anda menyingkirkan folikel rambut pada wajah dan mencegah pertumbuhannya kembali. Jadi jika Anda ingin menyingkirkan rambut wajah yang tidak diinginkan, gunakan pepaya mentah.

Campurkan beberapa potong pepaya mentah dan kunyit sampai Anda mendapatkan pasta. Oleskan pasta dan biarkan kering selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali seminggu.

6. Menyehatkan dan Menyuburkan Rambut

Pepaya sangat bagus untuk rambut Anda karena mengandung banyak senyawa yang meningkatkan kekuatan rambut dan pertumbuhan rambut. Selain itu, pepaya juga dapat membantu mendapatkan rambut yang bersinar.

Buatlah masker rambut dengan buah pepaya. Masukkan beberapa potong pepaya mentah, satu pisang matang, beberapa yogurt dan 1 sdm. kelapa atau minyak zaitun dalam blender dan campurkan sampai Anda mendapatkan pasta. Oleskan masker pada rambut basah dan kemudian tutup rambut Anda dengan penutup rambut. Biarkan masker selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker rambut ini sekali seminggu.

 

(rr)