Ilustrasi/ imgarcade.com

Norton by Symantec (NASDAQ: SYMC), telah merilis temuannya dari Norton Cybersecurity Insights Report, yang menyoroti kenyataan pahit dari kejahatan online dan efek personalnya pada konsumen.

Laporan ini menemukan bahwa secara global, 62 persen konsumen percaya bahwa informasi kartu kredit mereka akan dicuri secara online, dibandingkan dengan 38 persen yang berpikir bahwa mereka akan kehilangan informasi kartu kredit dari wallets mereka. Selain itu, 47 persen melaporkan mereka pernah terkena dampak dari cybercrime.

Gavin Lowth, Vice President, Norton Consumer and Small Business, Asia Pacific and Japan, mengatakan, "Kepercayaan konsumen terguncang di tahun 2014, ketika terjadi pelanggaran besar yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengekspos identitas jutaan orang yang hanya melakukan pembelian rutin dari retailer yang sudah dikenal,"

"Temuan kami menunjukkan berita ini menggoyahkan kepercayaan masyarakat dalam aktivitas online. Namun ancaman cybercrime ini belum mendorong adanya pengadopsian perlindungan sederhana yang harus dilakukan orang untuk melindungi informasi mereka secara online." Ia melanjutkan.

Di 17 negara yang disurvei, rata-rata konsumen kehilangan hampir USD358 per orang - dengan total sekitar USD150 miliar karena kejahatan cyber.

Terlepas dari kepedulian dan kesadaran akan kejahatan cyber, konsumen terlalu percaya diri dengan perilaku keamanan online mereka. Ketika diminta untuk menilai praktik-praktik keamanan mereka, secara konsisten mereka memberi nilai "A” untuk diri sendiri. Namun pada kenyataannya, sebagian besar tidak melakukan tindakan dasar keamanan online: penggunaan password.

Saat orang-orang terlalu percaya diri dengan pengetahuan keamanan yang mereka miliki, ketakutan adalah hal lazim. 80% merasa bahwa peluang menjadi korban kejahatan online cukup signifikan untuk dikhawatirkan.

Tips Terbaik Norton untuk Tetap Aman ketika Online:

- Pilih password yang unik dan aman untuk setiap akun online yang Anda miliki. Untuk tips mengenai bagaimana cara melakukannya, klik di sini.
- Hapus email dari pengirim yang tidak Anda kenal, dan jangan klik lampiran atau link pada email yang terlihat mencurigakan.
- Pada situs sosial media, jika terdapat tawaran yang nampaknya terlalu menarik, ya mungkin saja benar. Waspadalah terhadap perangkap mengklik link dari situs media sosial. Sebelum mengklik, arahkan mouse ke link untuk melihat tujuannya. Klik-lah pada link yang mengarah ke halaman perusahaan terkemuka dan resmi.
- Selalu pantau akun keuangan Anda terkait aktivitas yang tidak biasa. Jika ada biaya yang Anda rasa tidak pernah Anda keluarkan, segera laporkan. Seringkali kejahatan cyber akan melakukan ‘tes’ pembayaran dalam jumlah kecil sebelum mencoba untuk menguras rekening bank Anda.
- Jangan menunda instalasi software keamanan seperti Norton Security dan memperbaharuinya secara teratur.
- Gunakan solusi backup yang aman untuk melindungi file dan backup secara teratur sehingga penjahat tidak dapat menggunakannya sebagai tebusan.

Norton Baru

Dirancang untuk menjaga kita tetap selangkah lebih maju dari para penjahat cyber dan membantu menjaga keamanan informasi, Symantec mengumumkan ketersediaan Norton Security di Indonesia.

Layanan baru ini merupakan solusi perlindungan berlapis canggih yang membantu menjaga konsumen dari ancaman berbahaya dan berkembang di semua platform. Norton Security Premium tersedia dengan backup cloud PC yang aman untuk memberikan perlindungan ekstra dari serangan ransomware dan membantu memastikan foto, kontak dan file-file penting tidak hilang.

“Kita hidup di dunia di mana penjahat cyber kerja lembur untuk mencoba menemukan cara-cara baru untuk mencuri informasi pribadi. Di Norton, kami ingin memberikan rasa aman, baik saat berbagi foto secara online atau belanja dari smartphone yang didukung oleh Norton Security untuk menjaga informasi dan perangkat mereka terlindungi,” tambah Lowth.

Norton Security ditawarkan sebagai layanan fleksibel untuk melindungi seluruh perangkat Anda. Norton Security ditawarkan dengan harga mulai dari USD19.90. Norton Security tersedia untuk pembelian online di id.norton.com.

(rr)