www.beningpost.com

Lebih sporty, lebih berkelas, lebih dinamis dan dikemas dengan teknologi mutakhir, new Ford Focus menandai sebuah evolusi dari nameplate Focus, dan memperkenalkan tingkatan baru dari kesempurnaan dan kenikmatan berkendara untuk pelanggan di Asia Pasifik.
 
Desainnya yang berkilau dan modern menunjukkan pembaharuan yang membuat salah satu mobil compact paling populer di dunia ini menjadi lebih baik lagi – termasuk teknologi driver assistance baru dan telah ditingkatkan, yang dapat menghilangkan kerepotan saat melakukan parkir paralel dan parkir seri (perpendicular).
 
Focus juga lebih ekonomis dari sebelumnya – semua dengan tetap menjaga DNA fun-to-drive Ford yang telah membantu menjadikan Focus begitu populer di dunia.
 
Untuk menambah keyakinan saat berkendara, new Focus juga menampilkan fitur Enhanced Transitional Stability, sebuah teknologi pertama di industri yang dapat memprediksi jika ada kemungkinan mobil tergelincir, dan mengambil langkah cepat untuk secara potensial mencegah kehilangan kendali.
 
“Sejak pertama kali Focus dijual, kami telah mendengarkan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan dihargai pelanggan kami dari kendaraan mereka. New Focus merupakan kendaraan yang lebih canggih yang memenuhi dan melampaui harapan masyarakat dari sebuah mobil compact,” kata Mark Rampling, Chief Program Engineer, Asia Pasifik, Ford Focus.
 
Desain eksterior baru Focus yang bergaya menampilkan wajah baru Ford yang gagah dengan tingkat kecanggihan baru. Kuda-kuda lebih rendah dan lebih lebar yang menekankan luas, dan kap baru yang secara elegan menyapu ke grille trapezoidal yang khas, memberikan kesan lebih berani, dan kehadiran lebih sporty di jalan.
 
Lampu depan yang terpahat ramping menghubungkan front end yang agresif dengan garis jelas yang mengalir ke sisinya, naik hingga ke jendela belakang. Lampu kabut yang lebih persegi dan memanjang melengkapi bagian front end yang lebih berani.
 
Bagian belakang mobil memiliki fascia mengkilap dan pengaturan tailgate baru, juga lampu belakang yang lebih tipis, dan pahatan spoiler belakang untuk meningkatkan aerodinamika.
 
Panel instrumen yang direvisi dan tombol-tombol yang diatur ulang menghasilkan desain interior yang bersih dan matang yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan fitur kendaraan dengan mudah.
 
Focus menampilkan sejumlah teknologi canggih untuk membantu pengemudi tetap terhubung dan selalu dalam kendali.
 
Mengacu pada kebutuhan pengemudi modern untuk tetap terhubung setiap saat, new Focus dilengkapi dengan sistem konektivitas canggih Ford, SYNC 2, yang menawarkan cara yang lebih pintar dan lebih aman untuk tetap terhubung.
 
Di Asia Pasifik, new Focus dilengkapi dengan mesin EcoBoost 1.5-liter empat-silinder yang bertenaga dan efisien. Dan menghasilkan tenaga hingga 180 PS dan torsi 240 Nm – lebih dari yang biasa ditawarkan oleh mesin 2.0-liter konvensional – sementara juga memberikan efisiensi bahan bakar hingga 6 persen lebih baik, dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.
 
Mesin ini menggunakan teknologi inti EcoBoost seperti turbochargingdirect fuel-injection tekanan tinggi dan Twin-independent Variable Cam Timing untuk memastikan performa optimal. Blok mesin aluminium baru membantu untuk mengurangi beban, yang meningkatkan performa dan efisiensi.
 
Dalam perjalanan, new Focus membawa dinamika berkendara terdepan di kelasnya dan DNA fun-to-drive­ nameplate ini ke tingkat baru dengan handling yang disempurnakan. Teknisi Ford secara hati-hati mengatur suspensi dan peredam kejut untuk menciptakan kendaraan yang lebih solid dan responsif yang terasa mantap terhubung dengan jalan.
 
Sistem Electric Power Assisted Steering (EPAS) yang lebih disempurnakan lebih jauh meningkatkan pengalaman berkendara dengan kemudi yang lebih tepat dan usaha lebih sedikit, sementara mengurangi damping yang tidak diinginkan dan menyediakan feedback mengesankan untuk pengemudi.
 
New Ford Focus diproduksi di fasilitas Ford Thailand Manufacturing di Rayong, Thailand.
 
(rr/Syam)