bloomberview.com

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sesumbar bahwa bergabungnya PAN ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bisa mendongkrak rupiah yang kini kondisinya sangat lesu.

Menurut Zulkifli, saat ini para investor masih ragu untuk menanamkan modal usahanya di Indonesia, karena beberapa faktor. Diantaranya yakni masalah politik.

"Ini sinyal kuat bagi pengusaha dan investor sehingga orang mau investasi di Indonesia. Rupiah menguat. Sehingga itulah kehadiran parpol dirasakan," kata Zulkifli di gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Rabu (2/8).

Namun pada hari ini, Kamis (3/9) pergerakan rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini kembali melemah. Rupiah pun makin terpuruk karena faktor kondisi ekonomi global, khususnya Tiongkok. 

Mengutip Bloomberg, Kamis (3/9), rupiah pagi ini langsung dibuka melemah ke Rp 14.105 per USD dibandingkan sebelumnya di posisi Rp 14.097 per USD. Gerak rupiah makin melemah 21,3 poin atau 0,15 persen ke Rp14.118 per USD.

Senada, pergerakan rupiah berdasarkan data Yahoo Finance pagi ini juga melemah ke posisi Rp14.125 per USD. Mata uang Garuda ini melemah 84 poin atau setara 0,60 persen.

(rr/TS)