www.teruskan.com

Kebanyakan orang membuang begitu saja kulit semangka dan hanya mengambil bagian isinya untuk di makan.

Kebiasaan itu, stop sekarang juga. Sebab, kulit semangka sangat bagus untuk kesehatan Anda. Kulit semangka kaya akan vitamin C, vitamin B, citrulline, dan asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga jantung Anda sehat.

Anda bisa memanfaatkan kulit semangka menjadi kerupuk rambak atau selai semangka. Jika tidak, Anda bisa mengolah kulit semangka jadi minuman sirup. Berikut resepnya seperti BeningPost.com lansir dari media online berbahasa Inggris, Women Daily Magazine

Bahan 

3 cangkir kulit semangka yang sudah dipotong-potong
1 ½ cangkir gula atau pemanis alami (opsional)
4-5 strip kulit lemon
¼ cangkir jus lemon
1 vanilla bean
1 batang kayu manis

Persiapan:
Letakkan semangka yang sudah dipotong-potong dalam sebuah panci dan tambahkan gula (pemanis alami). Tinggalkan panci yang berisi potongan kulit semangka dan pemanis alami semalaman. Keesokan harinya, letakkan panci di atas kompor dan masak sampai mendidih. Aduk sampai gula larut. Lalu, tambahkan bahan yang lainnya. Didihkan kembali selama 2 jam dengan penutup. Dan, lepaskan penutup panci selama 15 menit terakhir. Sementara masih panas, masukkan cairan ke dalam botol yang steril dan kemudian tutup rapat-rapat.

 

(rr/WDM)