waymarking.com

Menurut IDC, mobilitas perusahaan adalah salah satu pasar yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik dengan mobile yang menjadi salah satu dari tiga prioritas teknologi untuk bisnis di wilayah tersebut di tahun 2015.

Perusahaan-perusahaan sudah menunda untuk lebih memobilisasi aplikasi karena berbagai alasan, diantaranya pengalaman pengguna, biaya, dan keamanan. Tapi karena banyak perusahaan menggunakan Mobile Device Management (MDM) dan sekarang Enterprise Mobility Management (EMM) sebagai bagian dari arsitektur mobilitas mereka, hal ini akan mendorong pengadopsian mobilitas perusahaan melebihi tahap awal posisi kebanyakan organisasi berada saat ini.

Pada tingkat yang strategis, sekarang mereka mulai berpikir tentang mobilitas dalam ruang kerja mobile yang menyediakan akses ke aplikasi, desktop, data dan layanan yang berada di mana saja, melalui perangkat apapun, di jaringan apapun - sebuah tren dengan implikasi penting bagi penyedia dan pelanggan. Evolusi mobilitas perusahaan memetakan pergeseran pola pikir TI seputar perangkat mobile dan aplikasi. 

Strategi-strategi mobilitas perusahaan pertama hanya memungkinkan sebagian kecil dari aplikasi yang dikelola secara hati-hati untuk penggunaan yang sangat terbatas. Seiring waktu, TI secara efektif harus merespon berbagai permintaan dan persyaratan untuk mencegah pengguna beralih ke solusi yang tidak dikelola dan kurang aman. Penerapan MDM mencerminkan kembali ke model yang telah dikenal: TI akan mengelola perangkat dengan cara yang sama seperti endpoint lainnya, seperti komputer laptop atau desktop. Saat hal ini dapat mengatasi banyak kebutuhan, poin-poin pain akan tetap. Tantangan-tantangan ini, dan solusi yang diperkenalkan untuk mengatasinya, telah mendefinisikan keadaan EMM saat ini.

Masalah utama TI sekarang ini tidak lagi fokus sepenuhnya pada manajemen perangkat. Sebaliknya, strategi mobilitas perusahaan saat ini fokus pada proses alur kerja dan aplikasi yang mendukung bisnis.

Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan pengguna akhir bergerak tanpa hambatan di lingkungan mobile dan komputasi desktop tanpa harus membuat duplikat pembelian untuk setiap aplikasi yang digunakan pada desktop. Contohnya, para eksekutif seharusnya bisa mengedit dan memberikan catatan pada dokumen di perangkat mobile mereka tanpa harus memiliki salinan dari aplikasi tersebut yang awalnya harus diinstal pada perangkat mobile.

Ini bukan lagi tentang mereplikasi seluruh lingkungan PC pada perangkat mobile. Secara strategis, CIO sekarang ini melihat mobilitas dalam hal ruang kerja mobile yang menyediakan akses ke alur kerja aplikasi, desktop, data dan layanan pribadi terpersonalisasi  dimana saja, pada perangkat apa saja, di jaringan apapun.

Bergerak Diluar Perangkat 

Keragaman penggunaan mobilitas perusahaan membuat TI mengambil pendekatan yang lebih rinci untuk manajemen. Alih-alih mengambil blanket approach yang mengelola perangkat secara keseluruhan, alat EMM sekarang memungkinkan TI untuk mengelola mobile dan aplikasi Software-as-a-Service (SaaS) dan data yang didalamnya, serta transportasi antara perangkat dan jaringan perusahaan. TI dapat menerapkan kebijakan secara selektif diantaranya berdasarkan kasus-kasus penggunaan tertentu, persona pengguna, kepemilikan perangkat dan bahkan kebutuhan industri yang vertikal.

Contohnya, para dokter dapat mengakses rekam medis elektronik (EMRs) dan aplikasi klinis pada tablet mereka dari sisi tempat tidur pasien, saat melakukan kunjungan ke rumah pasien. Pekerja ritel bisa melakukan pengecekan persediaan langsung di tempat atau menerima pembayaran dari pelanggan pada perangkat mobile pintar mereka sesuai permintaan. Kunci keberhasilan bukan tentang platform atau perangkat dukungan, melainkan adalah tentang mengidentifikasi penggunaan mobile dan data, dan menciptakan layanan yang lebih khusus untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, ketika dibutuhkan. 

Hari ini, akun aplikasi mobile hanya sekitar 8 persen dari aplikasi-aplikasi di perusahaan. Namun, dengan lebih dari 50 persen organisasi besar di seluruh dunia berinvestasi pada kemampuan EMM yang ditingkatkan untuk mengamankan aplikasi dan data pada tahun 2015, jumlah aplikasi perusahaan yang dioptimalkan untuk mobilitas ditargetkan meningkat  empat kali lipat pada tahun 2016. TI perlu mengaktifkan kemampuan data follow-me ke ruang kerja mobile karyawan dengan menyediakan segala jenis aplikasi pada setiap jenis perangkat, dan menyediakan akses sederhana ke Windows, web dan aplikasi SaaS pada perangkat mobile kepada karyawan.

Seperti halnya beberapa bagian lain dari IT, penerimaan pengguna adalah faktor utama dalam keberhasilan teknologi. Vendor juga harus memberikan kemampuan kelas bisnis sambil menawarkan pengalaman konsumen yang sudah dikenal. Klien email perusahaan tidak bisa mengharuskan orang untuk beradaptasi dengan tampilan dan kesan yang sama sekali berbeda dari iOS atau Android yang mereka biasa gunakan, tetapi perlu menawarkan fitur-fitur bisnis yang penting, seperti kemampuan untuk menambahkan lampiran ke undangan rapat, atau bergabung dalam pertemuan langsung dari daftar kalender nya.

Mobilitas Perusahaan Sekarang Mainstream

Mobilitas perusahaan sekarang siap untuk sepenuhnya merealisasikan janjinya. Organisasi mengubah bisnis mereka saat ini dengan mengadopsi solusi EMM yang komprehensif sebagai komponen inti dari strategi penyediaan ruang kerja yang aman. Baru-baru ini, Gartner menempatkan Citrix dalam Leaders quadrant  2015 Magic Quadrant untuk laporan EMM Suites selama empat berturut-turut, mengevaluasi Citrix XenMobile sebagai solusi EMM yang komprehensif dan fleksibel untuk mengelola aplikasi, data dan perangkat dengan serangkaian aplikasi mobile bisnis yang dioptimalkan.

Dengan memastikan akses aman sesuai permintaan  ke aplikasi, desktop, data dan layanan di mana saja, melalui jaringan apapun, dari perangkat apapun - bukan hanya pada smartphone dan tablet - organisasi dapat memberdayakan pekerja mobile dengan kebebasan dan fleksibilitas untuk memilih bagaimana mereka bekerja.

MDM telah bergeser dari solusi yang mendefinisikan kategori ke fitur kegunaan, solusi yang lebih terintegrasi dan yang lebih besar dan basis platform mobilitas perusahaan. Ketika penyediaan aman dari ruang kerja mobile bergantung pada EMM, itu juga membutuhkan fungsi yang lebih luas untuk sinkronisasi file perusahaan dan berbagi, penyediaan aplikasi yang fleksibel, jaringan, dan aplikasi windows virtual dan penyediaan desktop. Dengan munculnya ruang kerja mobile, bekerja akhirnya berubah dari tujuan orang pergi, menjadi sesuatu yang dapat mereka lakukan dimana saja dan pada perangkat apapun yang mereka pilih.

(rr)