cosmopolitanfm.com

Ada banyak mitos mengenai kecantikan yang beredar selama ini di tengah-tengah masyarakat. Apakah mitos-mitos tersebut benar adanya dan terbukti secara ilmiah?

Simak ulasannya berikut ini, seperti dilansir BeningPost.com dari media online berbahasa Inggris, Women Daily Magazine:

1. Jerawat muncul akibat makanan tertentu atau diet yang tidak sehat. Padahal, tak ada bukti ilmiah bahwa makanan tertentu menyebabkan Anda memiliki jerawat.

2. Air dingin menutup pori-pori. Yang benar, air dingin tidak dapat mengubah ukuran pori-pori Anda. Ketika usia Anda lebih tua, pori-pori Anda akan menjadi lebih besar dengan sendirinya. Dan itulah bagaimana alam bekerja.

3. Produk kecantikan kulit alami yang terbaik untuk kulit Anda. Sayangnya, tidak ada banyak produk yang betul-betul alami yang tersedia di pasar. Kebanyakan produk kecantikan mengandung bahan pengawet yang membuat produk tersebut bertahan lebih lama. Satu-satunya cara untuk memastikan bahwa produk yang Anda gunakan betul-betul alami adalah dengan membuat produk sendiri dengan menggunakan semua bahan-bahan alami.

4. Makan banyak cokelat bisa membuat wajah Anda berjerawat dan berbintik. Penelitian menunjukkan bahwa bintik-bintik dan jerawat di wajah disebabkan oleh perubahan hormon, penyumbatan pori dan stres.

5. Menyisir rambut Anda terlalu sering itu bagus. Tetapi mitos itu tak benar. Menyikat dan menyisir rambut terlalu sering justru tidak baik karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Lebih baik, lakukan pijat kepala saja.

6. Mencabut satu uban akan menyebabkan dua uban tumbuh kembali. Itu sama sekali tak benar. Tidak ada bukti ilmiah soal itu. Setelah Anda melihat satu helai rambut Anda beruban dan Anda mulai panik, pasti Anda akan mulai melihat lebih banyak rambut Anda yang beruban.

7. Membilas rambut Anda dengan air dingin akan membuat rambut Anda berkilau. Tidak ada bukti ilmiah bahwa membilas rambut dengan air dingin akan membuatnya lebih bersinar daripada membilasnya dengan air hangat. Memang, membilas rambut dengan air panas dapat merusak rambut Anda dan membuatnya kusam dan kering.

(rr)