Ilustrasi/ www.gettyimages.dk

Orang tua tunggal (single-parent) memang menanggung beban lebih banyak. Selain harus bekerja mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan hidup keseharian, pada saat yang bersamaan, mereka juga harus mendidik dan mendampingi anak-anak.

Tapi ingat, menjadi orangtua tunggal tidak berarti bahwa Anda sendirian. Berikut adalah beberapa saran yang akan membuat kehidupan sehari-hari Anda sebagai orang tua tunggal, lebih mudah, seperti dilansir media online berbahasa Inggris Women Daily Magazine

Selalu memiliki sikap positif

Anda harus selalu berpikir dan bersikap positif terhadap segala sesuatu. Bersyukurlah dengan setiap kesempatan yang Anda miliki. Sikap seperti ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan akan memberikan Anda kekuatan untuk mengatasi segala hambatan dan masalah. 

Meminta bantuan dari keluarga, kerabat dan teman-teman

Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan; meminta bantuan berarti bahwa Anda mengurus diri sendiri. Anda tidak harus malu untuk meminta bantuan dari saudara atau teman. Seseorang bisa mengurus anak Anda ketika Anda sedang menjalankan tugas. 

Waktu senggang

Jangan takut jika Anda merasa bahwa Anda perlu istirahat. Sangat bagus jika Anda ingin menghabiskan seluruh waktu Anda dengan anak Anda. Tetapi juga tidak masalah, jika Anda butuh sedikit waktu luang untuk bisa berjalan-jalan dengan teman-teman Anda, membaca buku, mendengarkan musik dan melakukan apa pun yang membuat Anda bahagia.

Mendukung kemerdekaan anak Anda

Biarkan anak Anda memiliki ruang sendiri dan berteman dengan anak-anak seusianya. Jangan pernah “menjauhkan” anak Anda dari segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya, hanya untuk melindungi dirinya.

 

(rr)