www.gayahidupku.com

Salah satu hal paling penting bagi seorang wanita yang baru tahu jika dirinya hamil adalah memulai makan sehat.

Ya, kehamilan adalah alasan yang sempurna untuk memulai menjaga kesehatan diri dan bayi Anda sejak dalam kandungan. Berikut 10 makanan terbaik untuk ibu hamil, seperti dilansir media online berbahasa Inggris, Women Daily Magazine:

Kuning Telur

Kuning terlur mengandung banyak vitamin dan mineral. Telur juga mengandung vitamin A, E, D, dan K, EPA dan DHA, dan kolin. Kolin penting untuk hati dan fungsi otak. Pastikan bahwa telur berasal dari sumber yang terpercaya.

Fermentasi Minyak Ikan

Fermentasi minyak ikan (Fermented Cod Liver Oil) kaya dengan vitamin A, E, D dan K. Vitamin A membantu pengembangan ginjal dan paru-paru. Sementara kandungan vitamin D yang tinggi dalam FCLO dapat membantu mengembangkan tulang bayi.

Kaldu

Kaldu tulang selain lezat juga kaya dengan kolagen, yang membantu mencegah selulit dan stretch mark. Selain itu, ia juga kaya kalsium, fosfor dan mineral.

Fermentasi Makanan

Anda dapat membuat makanan fermentasi sendiri atau membelinya di toko. Makanan fermentasi memberikan "probiotik" yang begitu penting untuk pencernaan kita. Selain itu, bakteri baik itu  juga sangat penting untuk perkembangan bayi dan mengurangi resiko autisme.

Hati

Hati adalah makanan yang paling bergizi. Hati kaya dengan protein, zat besi, zinc dan tembaga. Selain itu hati juga merupakan sumber asam folat dan vitamin B, khususnya B12. Hati adalah makanan bergizi yang menakjubkan.

Seafood

Seafoods, terutama ikan berlemak (salmon dan sarden) kaya asam lemak omega-3. Ini bagus untuk ibu dan bayi. Asam lemak omega-3 mengurangi peradangan. Anda juga bisa makan tiram mentah, karena memiliki kandungan zinc yang tinggi.

Daging Sapi

Daging sapi (terutama yang diberi makan rumput)  kaya dengan Vitamin A, E, D dan K serta CLA.

Telur Ikan

Telur ikan, dalam banyak budaya tradisional di berbagai tempat, kerap diperuntukkan bagi perempuan yang sedang hamil dan anak-anak. Telur ikan mengandung vitamin D, A, E dan K. Mereka juga sumber zinc, yodium dan DHA. Telur ikan membantu bayi Anda sehat.

Sayuran

Makan banyak sayuran (terutama sayuran hijau seperti kangkung dan bayam). Sayuran hijau membantu pertumbuhan bayi Anda dalam kandungan.

Minyak Kelapa dan Mentega

Minyak kelapa dan mentega keduanya sangat bergizi. Minyak kelapa adalah anti-virus dan anti-bakteri. Minyak kelapa juga kaya akan asam laurat, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan bayi Anda. Sementara mentega kaya vitamin A, E, D dan K, dan memiliki kandungan asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang mengurangi risiko kanker.

 

(rr/WDM)