www.beningpost.com

SD Tarakanita, Gading Serpong pada hari ini Selasa (26/5) melakukan persiapan lomba sekolah sehat tingkat nasional 2015 yang diawali dengan pembinaan bersama H. Rano Karno, Plt. Gubernur Banten yang diwakili oleh Dra Hj. Isna Setiyasih M.M, Koordinator Tim Pembina UKS Provinsi Banten didampingi oleh Bpk. Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Kabupaten Tangerang.
 
Acara ini dihadiri oleh jajaran pemerintah Provinsi Banten dan departemen terkait, pengurus Yayasan Tarakanita wilayah Tangerang, guru dan komite SD Tarakanita, Gading Serpong serta Paramount Enterprise sebagai pendukung.
 
Pelaksanaan lomba sekolah sehat tingkat nasional tahun 2015 ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
Kegiatan ini telah dilaksanakan untuk tingkat SD/MI sejak 1991; tingkat SMP/MTS sejak 2000; tingkat TK/RA dan SMA/SMK/MA sejak 2004.
 
Adapun yang menjadi penilaian dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional adalah penilaian terhadap tim pembina UKS tingkat provinsi, kab/kota, dan kecamatan, penilaian terhadap sekolah dengan aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS.
 
Penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih dan dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan. Penilaian lomba sekolah sehat (LSS) akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 28 Mei 2015.
 
Pemerintah Provinsi Banten melalui pembina usaha kesehatan sekolah (tp UKS) Provinsi Banten telah mendaftarkan empat peserta lomba sekolah sehat (LSS) tingkat nasional pada bulan Maret 2015, yaitu TK Condrodimuko kota Cilegon, SD Tarakanita Gading Serpong Kabupaten Tangerang, SMP Al-Zahra kota Tangsel dan SMK 1 Rangkasbitung Kabupaten Lebak.
 
Dalam acara kunjungan kerja ke SD Tarakanita Gading Serpong, H. Rano Karno, Plt. Gubernur Banten yang diwakili oleh Dra Hj. Isna Setiyasih M.M, Koordinator Tim Pembina UKS Provinsi Banten menyampaikan bahwa secara konsep sesuai dengan ketentuan, sekolah pastinya telah mempersiapkan langkah-langkah besar untuk menghadapi perlombaan tingkat nasional.
 
Hal-hal kecil yang dapat mengurangi bobot nilai perlombaan perlu diperhatikan. Beliau mengucapkan selamat bekerja kepada pihak sekolah dan yakin SD Tarakanita Gading Serpong dapat membawa nama baik Banten di tingkat nasional, karena lingkungan di kota ini didukung oleh berbagai pihak. 
 
Sementara itu Ahmed Zaky Iskandar, Bupati Kabupaten Tangerang menyampaikan turut mendukung dan pemerintah akan bersama-sama membina sekolah sehat serta menaruh harapan besar agar kompetisi ini tidak hanya sekedar lomba tapi juga dapat menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan bersih di lingkungan sekitar.
 
Pada kesempatan yang sama Ervan Adi Nugroho, Presiden Direktur PT Paramount Enterprise International mengutarakan, sebagai korporasi kami mendukung sepenuhnya kegiatan lomba sekolah sehat tahun 2015 ini dan mengajak semua pihak untuk mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat.
 
“Selamat atas keberhasilan SD Tarakanita yang berhasil memenuhi kualifikasi LSS mewakili Provinsi Banten ke ajang nasional. Kami berharap SD Tarakanita Gading Serpong dapat menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya di Provinsi Banten menjadi sekolah yang sehat dan peduli terhadap lingkungan,” ujar Ervan.
 
Suster Rosiana Susilo Astuti CB,S.Pd, Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Tangerang menyampaikan, kami sangat bangga SD Tarakanita Gading Serpong Kabupaten Tangerang mendapat kepercayaan di tingkat Provinsi untuk mewakili ke tingkat nasional.
 
“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih  kepada Pemerintah Provinsi Banten, Paramount Enterprise dan semua pihak atas kepercayaan dan kerjasamanya untuk membawa SD Tarakanita meraih juara pada tingkat nasional,” ungkap Suster Rosiana.
 
(rr/Syam)