www.beningpost.com

Sebagai acara puncak sekaligus penutupan, Museum Nasional menyelenggarakan Gebyar Festival Hari Museum Internasional dan 237 Tahun Museum Nasional Indonesia pada Senin (25/5).
 
“Festival museum dapat mengajak masyarakat, khusunya para pelajar untuk mencintai Museum,” ajak Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam siaran persnya kepada redaksi BeningPost.com, Senin (25/5).
 
Anies menyampaikan bahwa yang masih menjadi 'PR' bersama adalah bagaimana mengajak lebih banyak orang ke Museum. Dalam hal ini, komunitas menjadi salah satu penggeraknya.
 
“Melalui festival ini kita harapkan ada kedekatan dengan komunitas dan masyarakat untuk bersama-sama mencintai museum. Yang kita lakukan adalah mengundang semua pihak untuk memakmurkan museum-museum. Tidak hanya Museum Nasional, tetapi juga museum di seluruh Indonesia,” tambah Kacung Marijan, Direktur Jenderal Kebudayaan.
 
Kepala Museum Nasional, Intan Mardiana mengatakan, Museum Nasional tak henti-hentinya melakukan inovasi, salah satunya dengan membangun gedung C yang telah memasuki master plan.
 
“Saat ini adalah tahap ketiga pembangunan gedung Museum Nasional yang rencananya akan dibangun tujuh lantai yang akan diisi oleh perpustakaan, laboratorium, dan sarana untuk komunitas dan anak-anak “ kata Intan.
 
Melalui festival ini Museum Nasional berharap dapat lebih akrab lagi dengan masyarakat. Selain itu, harapannya masyarakat dapat mengetahui dan mengenal sejarah perkembangan museum dan benda warisan budaya bangsa. Serta dapat meningkatkan apresiasi dan minat masyarakat untuk berkunjung.
 
 
(rr/Syam)