www.clickhole.com

Penggunaan emoji terus meningkat sejak awal terdapat di keyboard iOS pada 2011 silam, lapor Instagram. Saat Instagram hanya tersedia di iOS dahulu, penggunaan emoji hanya 5% dari jumlah teks dan caption yang diposting. Kemudian bertambah mencapai 10% setelah Apple memperkenalkan emoji pada iOS.

Penggunaan emoji meningkat hingga 20% dan stagnan sampai dua hal terjadi. Instagram diluncurkan untuk Android pada awal 2012 dan keyboard emoji untuk Android diluncurkan saat Juli 2013. Dua hal tersebut yang membuat ledakan penggunaan emoji di Instagram. Saat ini hampir 40% teks dan caption yang diposting di Instagram terdapat setidaknya satu emoji.

Negara dengan penggunaan emoji terbanyak adalah Finlandia dengan angka 63%. Prancis di peringkat kedua dengan 50%, disusul Inggris (48%), Jerman (47%), Italia dan Rusia masing-masing 45%. Sedangkan negara dengan penggunaan emoji paling sedikit adalah Tanzania.

Simbol-simbol yang dimiliki emoji kini mulai digunakan untuk menggantikan bahasa slang. Instagram juga memberikan fitur baru di mana emoji dapat anda gunakan di dalam sebuah hashtag atau tagar.

(rr/phonearena)