www.beningpost.com

Suatu pemandangan berbeda di pagi hari Minggu (3/5) yang bertepatan dengan car free day, di mana jalan protokol ibu kota Jakarta, tepatnya sepanjang Jalan Sudirman telah dipenuhi oleh warga Eropa yang bermukim di Jakarta dan juga warga Jakarta yang semuanya memakai kaos berwarna kuning, sehingga sepanjang Jalan “Sudirman Menguning”.
 
Tentu saja “Sudirman Menguning” ini tak ada hubungannya dengan salah satu partai politik terbesar di Indonesia, tetapi hal ini semata kegiatan lari pagi massal “EU on the Move 5K” yang diselenggarakan di Jalan Sudirman dan diikuti oleh ribuan peserta dalam rangka merayakan Hari Eropa yang jatuh setiap tanggal 9 Mei.
 
Selain kegiatan lari pagi yang merupakan rangkaian Pekan Eropa selama sepekan di Indonesia, juga sekaligus digunakan sebagai ajang penggalangan dana. Sebanyak lebih dari 90 juta rupiah dana yang terkumpul dari pembelian racepack peserta lari didonasikan untuk membantu anak-anak.
 
Ketika mencapai garis 'finish' di Intiland Tower – gedung perkantoran Uni Eropa – para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang Uni Eropa dan kebudayaan dari negara-negara anggota Uni Eropa.
 
Turut hadir dan berpartisipasi dalam acara lari pagi massa ini diantaranya Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Colin Crooks, Dino Patti Jalal mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, serta sejumlah diplomat dari Uni Eropa untuk Indonesia lainnya.
 
Colin Crooks mengungkapkan, selama Pekan Eropa 2015, masyarakat di Indonesia dapat memperoleh pemahaman lebih besar mengenai berbagai hal yang Uni Eropa lakukan di Indonesia, dari hubungan politik hingga perdagangan dan dari kerjasama pembangunan hingga pertukaran kebudayaan.
 
Dari 1 Mei hingga 13 Mei 2015 Uni Eropa merayakan “Hari Eropa” di Indonesia dengan serangkaian acara di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia.
 
Hari Eropa bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa Uni Eropa - yang telah menjamin perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran selama setengah abad di kawasannya - secara aktif berupaya menjalin hubungan yang lebih erat dengan berbagai negara di dunia, termasuk dengan Indonesia.
 
Dalam semangat “Hari Eropa”, kegiatan yang diadakan selama Pekan Eropa 2015 bertujuan untuk mendekatkan warga melalui seni, kebudayaan, kerjasama, olahraga dan pendidikan.
 
Satu kegiatan utama adalah Festival Film Eropa “Europe on Screen 2015”. Festival film ini diselenggarakan mulai 1 Mei hingga 10 Mei 2015 di enam kota di Indonesia: Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.
 
Dengan “Europe on Screen”, Uni Eropa berharap dapat meningkatkan pemahaman antarbudaya. Festival ini mempersembahkan 62 film dari sutradara dan produser film ternama Eropa.
 
Tiap tahun pada tanggal 9 Mei, Uni Eropa merayakan Hari Eropa untuk memperingati deklarasi bersejarah oleh Menteri Luar Negeri Perancis, Robert Schuman, yang dipandang sebagai awal dari terbentuknya Uni Eropa.
 
Dalam pidatonya di Paris pada tahun 1950, beliau menyampaikan gagasan untuk membentuk suatu kerjasama politik baru agar dapat menjamin perdamaian dan stabilitas di Eropa.
 
(rr/Syam)