www.beningpost.com

Honda menampilkan secara perdana generasi terbaru dua mobil legendaris All New Honda NSX di Geneva Motor Show 2015, Swiss. Selain itu, Honda juga resmi meluncurkan Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa.
 
All New Honda NSX merupakan sebuah Supercar yang mempunyai konsep mengedepankan pengalaman berkendara yang sepenuhnya baru, serta disetiap bagian mobil dibuat berdasarkan teknologi canggih (terdepan). Pengendara dapat menyatukan jiwanya secara emosional dan terkoneksi dengan mobil ini.
 
All New Honda NSX menggunakan mesin Twin Turbocharged berkonfigurasi 75 derajat DOHC V6 dengan sistem 9 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) dan tiga motor elektrik pada sistem Sport Hybrid-nya. Tak hanya itu, All New Honda NSX juga menampilkan teknologi Super Handling All Wheel Drive (SH-AWD).
 
Bagian belakang mobil digerakkan oleh motor elektrik yang ditempatkan antara mesin dan transmisi, dan berfungsi untuk mendukung akselerasi, pengereman serta pergantian transmisi pada saat berkendara. Sementara pada bagian roda depan, digerakkan oleh motor elektrik yang berfungsi untuk memberikan respons serta distribusi pada torsi.
 
All New Honda NSX juga dilengkapi dengan “Advanced Sport Package”. Kendaraan ini menggunakan suspensi depan dan belakang berbahan dasar alumunium, velg 19 inchi dengan ContiCportContactTM.
 
Untuk pertama kalinya, All New Honda NSX menampilkan fitur Agile Handling Assist (AHA) untuk mengaplikasikan brake torque agar respons dan stabilitas mobil tetap dinamis.
 
Untuk desain interiornya, All New Honda NSX menggunakan konsep “Human Support Cockpit” yang sepenuhnya berorientasi pada kebutuhan pengemudi agar dapat mengemudi dengan nyaman, visibilitas yang baik serta ergonomis.
 
Selain Honda Civic Type R dan All New Honda NSX, Honda juga menampilkan mobil konsep lainnya yaitu Honda FCV Concept. Kendaraan ini merupakan konsep terbaru Honda berbahan bakar energi alternatif yang akan menjadi generasi terbaru kendaraan fuel cell Honda. Rencananya, Honda FCEV Concept akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2015 untuk pasar Jepang, Amerika Utara dan Eropa.
                                              
Booth Honda juga menampilkan display mobil balap F1 McLaren Honda MP4-30 untuk menandai kembalinya kerjasama legendaris antara Honda dan McLaren pada musim balap F1 tahun 2015 ini.
 
Honda Divisi Eropa juga meluncurkan dua mobil produksi massal andalannya, yaitu Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa. Sebelumnya, Honda HR-V dan All New Honda Jazz versi Eropa versi prototype telah tampil pada ajang Paris Motor Show Oktober 2014 lalu di Paris, Perancis.
 
Honda HR-V versi Eropa menggunakan mesin Earth Dreams Technology 1.5 liter i-VTEC (bensin) dengan tenaga maksimum 128 PS dan 1.6 liter i-DTEC (diesel) dengan tenaga maksimum 118 PS. Honda HR-V menggunakan sistem transmisi CVT 7 percepatan.
 
Sementara itu All New Honda Jazz versi Eropa menggunakan mesin Earth Dreams Technology berkapasitas 1.3 liter i-VTEC (bensin) dengan tenaga maksimum  102 PS. All New Honda Jazz menawarkan dua pilihan transmisi yaitu 6 percepatan manual dan CVT 7 percepatan. All New Honda Jazz juga menampilkan fitur Honda Advanced Driver Assist System.
 
Geneva Motor Show merupakan ajang pameran otomotif terbesar di Eropa dan tertua di dunia karena telah diselenggarakan sejak tahun 1905 hingga sekarang. Geneva Motor Show berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 15 Maret 2015, bertempat di Palexpo, P.O.Box 112, GH-1218 Grand-Saconnex, Geneva, Switzerland. Geneva Motor Show diadakan setiap tahun pada awal bulan Maret menandai awal Musim Semi di Eropa. 
 
(rr/Syam)