www.singapuraterkini.com

Operasi plastik untuk memperbaiki dan menyempurnakan bagian-bagian tubuh memang menjadi gaya hidup masyarakat modern, yang dilakukan demi mencapai performa yang maksimal dan rasa percaya diri.

Gaya hidup ini sudah merambah ke seluruh dunia, terutama di negara-negara maju dan kota-kota besar. Tak hanya perempuan yang melakukan operasi plastik untuk membesarkan payudara, sedot lemak, mengencangkan kulit dan lain sebagainya. Bahkan, kaum laki-laki pun banyak yang melakukan operasi plastik, seperti operasi hidung dan kelopak mata.

Namun di Inggris, tren operasi plastik ini dikabarkan sudah mulai mengalami penurunan.

Sebuah lembaga di Inggris, Asosiasi Estetika Operasi Plastik, menunjukkan jika pada tahun 2013 terdapat sebanyak 50.122 prosedur operasi. Pada tahun 2014, menurut data lembaga tersebut, turun menjadi 45.406.

Konsultan Asosiasi Estetika Operasi Plastik, Rajiv Grover, kepada bbc, mengatakan bahwa faktor dari menurunya tren operasi platik ini, disebabkan karena kasus skandal operasi membesarkan payudara pada tahun 2012 yang lalu.

Selain itu, lanjut dia, juga karena ada peraturan baru bagi dokter yang ingin melakukan praktik operasi plastik yang dianggap semakin menyulitkan.

(rr/bbc)