www.beningpost.com

Salah satu pemimpin aplikasi mobile pemesanan taksi di Asia, yaitu GrabTaxi telah menerima investasi 250 juta USD dari SoftBank Corp dalam putaran pendanaan seri D awal bulan ini. Total pendanaan yang didapat sejak 14 bulan silam hingga kini sebesar 340 juta USD.

“Ini merupakan pendanaan terbesar di Asia Tenggara yang kami terima. Tentunya kami akan merevolusi dan memperbaiki cara penduduk Asia Tenggara berpindah secara lebih agresif dibanding sebelumnya.” kata Anthony Tan, pendiri GrabTaxi saat memaparkan data GrabTaxi, di Jakarta, Kamis (18/12).

Dijelaskan Anthony, alokasi ini sebagian besar untuk pengembangan tenaga kerja tim dari GrabTaxi di Indonesia.

“Tim saat ini masih 30-an orang. Kami harus kuat di Jakarta, setelah itu akan ada ekspansi ke kota-kota besar lain. Kota-kota besar pasti yang memiliki problem tentang taksi.” ujarnya.

Selain itu, GrabTaxi juga bakal berkonsentrasi pada partner-partner kecil. Tidak menutup kemungkinan untuk partnership jangka panjang, GrabTaxi sedang merencanakan bermitra dengan perusahaan Telko.

Sementara itu, Kiki Rizki, Head of Marketing, GrabTaxi Indonesia menerangkan bahwa Indonesia itu cukup unik. GrabTaxi tidak bisa hanya di sentral (Jakarta, red) saja, melainkan pasti akan mengembangkan tim ke kota-kota besar.

“Untuk 2015 kami akan melihat keperluannya seperti apa di indonesia.“ kata Kiki.

Saat disinggung masalah pendapatan, Kiki menegaskan untuk saat ini GrabTaxi belum mencari revenue, melainkan masih mode investasi.

“Di Asia Tenggara total download GrabTaxi hampir 3 juta download, lalu total pemesanan taksi ada 3 pemesanan/detik. Tetapi di Indonesia jumlah itu masih sangat jauh sekali. Kami menjadi satu-satunya perusahaan aplikasi mobile yang mentaati regulasi pemerintah.” tutur Kiki.

Berbicara masalah benefit yang driver dapatkan saat bergabung, Kiki mengatakan GrabTaxi bisa membantu menaikan level pendapatan driver.

“Data kami menunjukkan rata-rata kenaikan pendapatan per supir taksi itu 300%. Untuk di Indonesia kami sudah bekerja dengan ribuan driver dari 5 top brand taksi terpercaya di Indonesia.” Kiki melanjutkan.

Perlu diketahui, untuk akhir tahun ini, GrabTaxi mengadakan kampanye dan promo yang yang dilakukan di Jakarta. Diantaranya ialah pengguna taksi yang hendak liburan keluar Jakarta menuju bandara Soekarno-Hatta hanya dikenakan tarif rata (flat rate) sebesar Rp75.000 sudah termasuk tol.

“Ini tersedia untuk seluruh wilayah Jakarta. Tarif biasa dari Jakarta ke bandara adalah berkisar antara Rp90.000 hingga Rp250.000. Penumpang bisa membeli voucher ini dari Groupon yang bakal mulai dijual tanggal 22 hingga 24 Desember 2014. Masa penggunaan dimulai dari tanggal 23 Desember 2014 hingga 3 Januari 2015.” jelas Kiki.

(rr)