www.beningpost.com

Pameran perlengkapan dan peralatan rumah tangga Zuchex Indonesia International Housewares & Gift Fair 2014 yang baru saja diselenggarakan pada 13 – 15 November 2014 di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan memberikan sesuatu yang baru bagi industri housewares Indonesia.

Untuk pertama kalinya, para pemain industri housewares berkumpul di satu tempat untuk memamerkan produk-produk terbaik mereka. Selain para pemain lokal, pameran ini juga diikuti oleh peserta dari negara lain seperti Turki, Tiongkok, Malaysia, Korea dan lain-lain.

Pameran perdana Zuchex Indonesia diharapkan membuka jalan bagi perkembangan industri housewares dan menjadi tempat berkumpulnya para pemain industri housewares dan industri terkait lainnya agar mereka bisa saling melakukan branding, networking, sekaligus membuka peluang bisnis.

Kehadiran peserta dari luar negeri memberikan tantangan sekaligus peluang bagi pemain lokal. Tantangan untuk menghadirkan produk yang tidak kalah menarik dan inovatif dibanding pemain luar. Zuchex Indonesia International Housewares & Gift Fair 2014 mencatat kedatangan lebih dari 3.200 potential buyers.

Tidak kurang dari 50 perusahaan besar di tanah air menjadi bagian dari potential buyers yang datang selama 3 hari penyelenggaraan pameran, diantaranya PT Alun-Alun Indonesia, PT Trans Retail Indonesia (Carefour), , Hotel Mulia, Kawan Lama Internusa, dan masih banyak lagi.

Industri housewares tidak hanya berkaitan dengan dunia rumah tangga tetapi juga berbagai industri lain seperti perhotelan, pariwisata, kuliner, dan lain-lain. Produk-produk housewares menjadi pelengkap berbagai industri di atas.

Ini berarti pertumbuhan industri housewares secara tidak langsung menggambarkan pertumbuhan industri lain yang berkaitan dengannya. Efek domino yang dihasilkan, dan diharapkan, adalah meningkatnya perekonomian Indonesia.

Pameran ini juga menghadirkan kesempatan bagi para pemain lokal untuk mempelajari desain yang ada untuk kemudian berinovasi menghasilkan karya mereka sendiri yang digali dari kekayaan budaya Indonesia.

Salah satu industri yang memanfaatkan produk housewares adalah industri hospitality yang di dalamnya mencakup pula resort dan restoran.

Penataan housewares di resort atau tempat penginapan serta tableware di tempat-tempat bersantap akan semakin menarik dengan produk-produk berdesain unik. Daya tarik yang dihasilkan produk-produk housewares, tablewares, dan lain-lain menjadi nilai tambah bagi industri hospitality di seluruh nusantara.

(rr/Syam)