www.beningpost.com

PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI) kembali menyelenggarakan program tahunan Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) ke-6 yang dilaksanakan di Rest Area Tol Cikampek KM 57 dari tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2014.

Sales and Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Yasuhiro Ukegawa mengungkapkan tujuan kampanye ini guna menguragi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara.

"Selain itu juga mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya dimana pada akhirnya dapat menghemat biaya," kata Yasuhiro Ukegawa dalam jumpa pers dalam acara Kampanye Keselamatan Ban di Rest Area Tol Cikampek KM 57, Karawang, hari ini, Jumat (31/10).

Kampanye tahun ini bertema "Ban Sehat, Anda Hemat" artinya dengan tekanan angin/udara yang tidak sesuai pada ban dapat menyebabkan beragam masslah, mulai dari cepatnya keausan ban, hingga kerusakan struktur ban.

Frankie Paduli, Assistant to Sales & Marketing Director PT BSI menambahkan, ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar. Oleh karenanya perlu ditingkatkan perawatan dan perhatian kita terhadap ban.

Frankie menganjurkan para pengendara roda empat atau lebih untuk memeriksa tekanan angin/udara pada ban sekurang-kurangnya sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh.

"Sesuaikan tekanan angin/udara sebagaimana yang tertera dibalik pintu mobil atau pada buku manual," jelasnya.

Dia juga menyarankan pada waktu mengecek ban atau mengisi angin sebaiknya dalam kondisi dingin, karena ketika ban berjalan itu akan terjadi panas, sehingga angin bertambah sekitar 10%.

Jadi bila menambah angin dalam kondisi panas, sebaiknya tekanan angin dikurangi sekitar 5 persen dari standar yang telah ditentukan, untuk menjaga keselamatan dan menghemat bahan bakar.

Ke depan, ungkap Frankie, kampanye ini akan dipikirkan untuk dilakukan diluar Rest Area Tol Cikampek Km 57 ini, karena jalur Cikampek ini tidak pernah sepi dari kendaraan selama 24 jam.

Jumlah pengunjung yang datang di Kampanye Keselamatan Ban dari tahun pertama penyelenggaraan yaitu 2009 hingga terakhir tahun 2013 terus mengalami peningkatan hampir sebesar 100% dari total 1.752 pengunjung pada tahun 2009 hingga mencapai 3.393 pada tahun 2013.

(rr/Syam)