twitter.com

Kedepannya XL M-Ads dapat membantu pengiklan lokal di Indonesia untuk meraih lebih besar audience pool yang berada di negara-negara tetangga.

PT XL Axiata Tbk (XL) mengembangkan layanan Mobile Advertising (M-Ads) dengan antara lain membidik pasar Asia Tenggara.

Untuk itu XL menjalin kemitraan dengan salah satu perusahaan penyedia platform DSP (Demand Side Platform) asal Australia, Brandscreen.

Perusahaan ini membantu XL untuk  memperluas pemasaran Digital dan Mobile Advertising hingga kawasan Asia Tenggara.

Selain memberikan kemudahan bagi pengiklan, kerjasama ini juga memudahkan XL dalam melakukan cross channel Digital advertising sehingga XL dapat menjalankan  campaign serving tidak hanya di Indonesia, melainkan juga Asia Tenggara melalui jaringan besar Axiata Group.

Head of Mobile Advertising XL – Herwinto Chandra Sutantyo menyatakan melalui kerjasama ini, XL-Brandscreen akan memberikan kemudahan bagi pengiklan dalam meraih lebih banyak target segments (segmen pasar).

“Calon pelanggan lewat solusi yang diberikan oleh XL M-Ads sebagai penyedia layanan digital media. Kerjasama ini juga menjadikan XL sebagai pionir dalam memberikan layanan “One Stop Shop” untuk Digital Advertising bagi mitra kerja dan pemegang merek di Indonesia,” katanya.

Herwinto menambahkan, seiring dengan perkembangan pangsa pasar Smartphone di Indonesia dan semakin beragamnya segementasi dari pengguna.

Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk menggali lebih lanjut akan potensi periklanan digital. ”Melalui beragam penawaran dan solusi yang praktis dan tepat guna bagi pengiklan, kami dapat memberikan tidak hanya sinergi akan jenis media beriklan yang digunakan, namun juga target pasar yang memadai di penjuru Asia Tenggara, bahkan dunia,” ujarnya.

Kedepannya XL M-Ads dapat membantu pengiklan lokal di Indonesia untuk meraih lebih besar audience pool yang berada di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, India, Bangladesh, Sri Lanka dan Kamboja, dengan profiling dan targeting yang setara dengan apa yang dapat mereka gunakan di Indonesia.

Brandscreen merupakan penyedia platform DSP (Demand Side Platform) yaitu sebuah platform yang memfasilitasi pembelian space atau ruang iklan secara langsung melalui sistem.

Yang dapat dilakukan langsung oleh pengiklan maupun biro iklan yang ditunjuk. Kerjasama ini juga akan mempermudah pengiklan untuk melakukan negosiasi harga dengan banyak media atau publisher secara langsung tanpa harus menghubungi satu persatu.

Dengan menggunakan platform DSP, akan semakin mudah bagi para pemasang iklan untuk memasang iklan Bersama XL Mobile Advertising.

Saat ini sebanyak kurang lebih 2000 pelaku usaha telah memanfaatkan layanan M-Ads untuk memasarkan produk mereka melalui penempatan iklan secara langsung dalam jaringan XL, maupun multi telco campaigns bersamaan dengan Telkomsel dan Indosat.

Hingga akhir 2014 ini, XL mentargetkan pertumbuhan pengguna XL M-Ads tumbuh hingga 150% (pada tahun 2013 pengiklan mobile advertising tumbuh hingga 500%).

Dengan adanya solusi layanan DSP ini, XL M-Ads dapat membantu pengiklan dan biro iklan juga untuk melakukan penempatan iklan across telcos.

XL telah menyediakan tim Mobile Advertising di lima wilayah regional, yang meliputi Sumatra dan kepulauan, Jabodetabek dan Banten, Jabar-Jateng-DIY, Jatim, Bali dan Nusa Tenggara, serta Kalimantan-Sulawesi-dan Kawasan Timur Indonesia. J

enis produk yang banyak dipasarkan melalui layanan XL M-Ads di antaranya Interactive Messaging Ads, LBA self-service, Mobile Display Banners Ads, Instant eCommerce, Digital Signage, Radio Streaming Ads, Video Ads, Digital Rewards, dan sebagainya. (am)