www.foxnews.com

Jurnalis senior The Washington Post, Ben Bradlee, meninggal dunia di usianya yang ke 93, pada hari Senin yang lalu (21/10).

Bradlee bekerja di Washington Post sebagai eksekutif editor dari tahun 1968 sampai 1991. Bradlee juga turut mengatur, mengawasi dan mengedit laporan-laporan berita selama peristiwa penting yang menggemparkan publik di Amerika Serikat dan dunia, yang dikenal sebagai skandal Watergate—sebuah skandal yang menyeret Presiden Richard Nixon dan membuatnya mundur pada tahun 1974.

Terutama, laporan-laporan investigatif dua wartawan terbaik di Washington Post yang ditugasinya: Bob Woodward dan Carl Bernstein.

Kisah heroik Washington Post sebagai media yang berani membongkar kasus skandal Watergate ini kemudian pada tahun 1976 difilmkan dalam sebuah film yang terkenal “All The President Men”, dimana tokoh Bredlee diperankan oleh Jason Robard Jr. Dan, Robard Jr sendiri mendapatkan penghargaan Oscar setelah memerankan Bredlee dalam film tersebut.

Pada bulan November 2013, Presiden Barrack Obama memberikan penghargaan The Presidential Medal of Freedom kepada Bradlee di Gedung Putih.

Dilansir portal media hiburan berbahasa Inggris, Digital Spy, Bredlee dikabarkan mengidap dan diserang penyakit Alzheimer sejak beberapa tahun yang lalu.


(rr/DigSpy)