www.bbc.com

Dubai barangkali merupakan kota yang cukup peduli dan menghargai orang-orang sakit. Betapa tidak, pemerintah Dubai telah merancang sebuah ambulans yang canggih dan keren demi membantu keselamatan warganya yang sakit saat dalam kondisi gawat darurat.

Mobil ambulans baru di Dubai yang diperkenalkan di Pameran Teknologi Uni Emirat Arab tersebut, memang tak seperti ambulans biasanya yang sering kita lihat, termasuk di Indonesia.

Ambulans baru di Dubai itu dimodifikasi dari mobil sport Lotus Evora dengan kecepatan 300 meter per jam dan dilengkapi dengan panel komputer yang berfungsi menyampaikan informasi dan data mengenai kesehatan pasien yang sedang dibawa. Sementara di bagian bagasi, terdapat peranti pengejut jantung dan tabung oksigen.

Zaid Al-Mamari, seorang sopir ambulans, mengatakan bahwa mobil ambulans ini memang didesain untuk memberikan pertolongan awal kepada orang-orang sakit yang sedang dalam kondisi gawat darurat. Sehingga gerak kecepatan mobil ambulans ini menjadi begitu penting. Sebab menurutnya, satu detik itu sangat menentukan antara hidup dan mati si pasien yang ditolong.

Selain itu, Al-Mamari juga menyampaikan kepada bbc, dia dan beberapa rekan sopir ambulans yang lain terlebih dahulu harus mengikut iserangkaian pelatihan sebelum diizinkan mengemudikan mobil ambulans yang kabarnya seharga Rp 1,9 miliar ini.

(rr/bbc)