berita57.com

Selama ini banyak persoalan daerah tidak dapat diselesaikan pemerintah pusat, karena mereka kuran memahami persialan tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menunjuk putra daerah sebagai menterinya. Langkah ini diharapkan memperkuat hubungan pusat dan daerah. “Ini untuk menjalin komunikasi antardaerah,” kata Pengamat Politik Karyono Wibowo, Senin (20/10).

Keterlibatan putra daerah di dalam kabinet sebagai menteri telah dilakukan sejak Presiden Soekarno sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Langkah ini diharapkan sebagai pemerataan. “Daerah yang belum pernah ada tokohnya yang jadi menteri di kabinet pemerintahan perlu dipertimbangkan,” ujarnya.

Karyono mengemukakan selama ini banyak persoalan daerah tidak dapat diselesaikan pemerintah pusat. Karena, mereka kuran memahami persialan tersebut. “Mereka juga kurang memiliki keterikatan hati dengan masyarakat di daerah,” paparnya.

Namun, putra daerah itu harus memunyai kemampuan, kualitas, dan memenuhi syarat. Selain itu dia mesti memiliki prestasi, integritas, dan kapasitas. “Kelebihan yang dipunyai putra daerah adalah dia lebih tahu masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah,” jelasnya. (am)