www.beningpost.com

Sepanjang penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) yang kali ini memasuki tahun ke-29 yang akan berlangsung dari tanggal 8 - 10 Oktober di JI Expo Jakarta, dimana Kementerian Perdagangan untuk pertama kalinya akan memberikan apresiasi berupa Primaduta Award 2014 kepada Buyers asing.

"Primaduta Award ini merupakan bentuk pelayanan Kemendag yang lebih optimal bagi para pelaku usaha, termasuk buyers internasional," kata Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan dalam jumpa pers menjelang TEI ke-29 di auditorium Kemendag, Jakarta hari ini, Kamis (2/10).

Lutfi menjelaskan, penyelenggaraan Primaduta Award 2014 untuk pertama kalinya akan diberikan kepada enam buyers yang secara konsisten selama tiga tahun terakhir melakukan pembelian produk Indonesia yang semakin meningkat, baik nilai, volume, dan keberagaman produknya.

Primaduta Award kali ini rencananya diberikan kepada buyers yang berasal dari negara Jepang, Thailand, Mesir, Jerman, Chili, dan Uni Emirat Arab.

Pemberian award ini tak terlepas dari upaya Kemendag dalam menyelenggarakan ajang kegiatan TEI dalam kemasan baru yang memiliki nilai tambah agar dapat semakin menarik para buyer hadir pada TEI 2014.

"Sampai 1 Oktober 2014 buyers yang telah terdaftar mendekati 12.000 buyers yang berasal dari 97 negara. Selain itu, sebanyak 63 negara juga akan mengirimkan delegasi misi dagangnya," tambah Lutfi.

Hal tersebut diakui Lutfi tak lepas dari kerjasama yang baik antara Kemendag dengan Kementerian Luar Negeri beserta perwakilan RI di seluruh dunia (Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, Atase Perdagangan, dan Indonesian Trade Promotion Center), guna mengundang buyers dari negara akreditasi mereka.

Dari komposisi produk, beberapa yang paling diminati buyers adalah tekstil dan produk tekstil, diikuti produk home decoration, produk pertanian, produk fesyen dan aksesori, serta produk furnitur kayu. 

(rr/Syam)