www.beningpost.com

Indoaat berkomitmen mendukung pelestarian batik sebagai warisan budaya Indonesia, dengan meluncurkan portal digital BATIKOLOGY.org bagi netizen Indonesia. Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2 Oktober di Jakarta.

Portal BATIKOLOGY.org berisikan konten-konten interaktif, menarik dan relevan tentang Batik ini, mengusung konsep user generated content (UGC) yang mengajak semua orang untuk berkontribusi di dalam portal tersebut. BATIKOLOGY.org juga merupakan UGC portal batik pertama di Indonesia dan di dunia.

Terdapat 3 features yang ada di BATIKOLOGY.org yaitu, dimana pelanggan dapat merekomendasikan tempat-tempat penjual batik favoritnya kepada user lain (traveler) dengan cara melakukan checkin di tempat-tempat penjual batik. 

Selain itu ada juga feature dimana pelanggan bisa berbagi konten pengetahuan seputar batik, mulai dari tipe-tipe batik yang ada di Indonesia hingga tips bagaimana merawat batik. 

Dan tidak ketinggalan ada juga feature  dimana pelanggan dapat membagikan foto-foto bertema batik dengan mencantumkan hastag #batikology. Dengan demikian, BATIKOLOGY.org menjadi user generated content portal batik pertama di Indonesia dan di dunia.

“Peluncuran portal digital BATIKOLOGY.org ini merupakan cara kami mengekspresikan nasionalisme dan rasa cinta kami terhadap negeri. Apalagi BATIKOLOGY.org menjadi UGC portal batik pertama di Indonesia dan di dunia," kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Alexander Rusli merasa bangga dapat menjadi bagian dari pelestarian batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya bangsa, yang diwujudkan dengan Penyerahan Donasi Batik untuk kemajuan industri Batik di Indonesia.

Dukungan Indosat dalam melestarikan batik sebagai budaya bangsa juga diwujudkan melalui Penyerahan Donasi Batik kepada Tokoh Pembina Batik Indonesia, Darwina Pontjo Sutowo yang aktif membina industri Batik Indonesia. Penyerahan donasi telah dilakukan  di Kantor Pusat PT Indosat pada 29 September lalu.

Donasi Batik berasal dari pelanggan Indosat melalui pembelian pada Hari Batik Nasional tahun 2013. Setiap pembelian voucher isi ulang tersebut disisihkan sebesar Rp50/voucher tanpa memotong pulsa pelanggan.

Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, Indosat mengadakan kompetisi Digital activation dengan tema Photo story competition #Batikology. Caranya cukup mudah, para peserta diharuskan mendaftarkan diri di  dan juga follow twitter @indosatmania https://twitter.com/IndosatMania, kemudian peserta dapat meng-upload foto tema Batik mereka ke twitter. 

Sertakan juga cerita tentang keunikan batik tersebut, misalnya nama pengrajin, sejarah, motif, cerita di balik batik, dll dengan hashtag #Batikology dan mention @indosatmania. Kompetisi ini akan berlangsung sampai 15 November 2014. Dan bagi pemenang dengan foto terbaik akan hadiah menarik dari Indosat.

(rr/Syam)