www.beningpost.com

Kehadiran dua unit mobil mini sporty COPEN yang ditampilkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu pada ajang bergengsi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, tak pelak menjadi pusat perhatian pengunjung yang ingin melihat dari dekat di Booth Daihatsu yang berada pada Hall D4.

Pengunjung tak hanya sekadar melihat saja, tetapi mereka juga mengabadikan momen yang berharga dan tak terlewatkan ini dengan berfoto di mobil mini sporty COPEN yang imut-imut dengan mengusung mesin 660 cc dengan konsumsi bahan bakar yang super irit dikisaran 22.2 km per liter.

Sebelumnya Daihatsu Motor Company, Ltd (DMC) meluncurkan COPEN terbaru ini pada 19 Juni 2014 di Jepang. COPEN terbaru dengan ubahan penuh (full model change) merupakan generasi kedua sejak pertama diperkenalkan di Jepang tahun 2002 sebagai flagship car Daihatsu.

“Daihatsu COPEN telah mengadopsi struktur rangka baru yang disebut struktur D-Frame untuk mencapai stabilitas kemudi dan kenyamanan penumpangdengan lebih baik,” kata Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development Division PT ADM dalam jumpa pers di booth Daihatsu, Senin (22/9) Jakarta.

Daihatsu COPEN dibuat dengan teknologi tinggi dengan struktur kokoh yang menghubungkan seluruh bagian kerangka D-framesehingga mampu memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan karena memiliki kemampuan bermanuver yang baik pada kecepatan rendah ataupun tinggi.

Daihatsu COPEN merupakan mobil mini sporty Daihatsu dengan konsep coupe(2 tempat duduk) yang memiliki sejumlah keunggulan seperti fitur atap terbuka (convertible roof)dan kemampuan untuk berganti panelbody layaknya berganti pakaian (dress formation) sehingga memungkinkan pengendara mengekspresikan diri.

Konsep D-Frameyang dimiliki oleh Copen memiliki tiga keunggulan, yaitu Performa laju kendaraan yang unggul serta stabilitas tinggi dan aman saatrooftop terbuka, Panelbody dengan bahan resin, sehingga desain mobil yang dihasilkan lebih stylish,dan Akses panel body luardapat diganti sesuai ekspresi dan gaya hidup pengendara.

Pradipto menjelaskan, bahwa mesin Daihatsu COPEN memiliki performa yang unggul berkat mesin turbo powered engine,

“Daihatsu menghadirkan Copen terbaru sebagai jawaban bagi mimpi masyarakat Indonesia untuk memiliki mobil kompak sporty yang menyenangkan untuk dikendarai, saat melaju, berbelok bahkan saat berhenti,” paparnya.

Ditempat yang sama, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM mengatakan kendaraan ini akan kami perkenalkan ke masayarakat pecinta otomotif Indonesia pada tahun depan. Kami tidak mengadakan launching, hanya test drive saja sekaligus untuk mengetahui sejauh mana minat masyarakat yang menginginkan kendaraan ini.

“Pengadaan mobil mini sporty COPEN ini hanya berdasarkan pesanan saja. Sementara ini sudah ada 5 orang yang berminat,” tambah Amelia dengan senyumnya yang khas.

Sedangkan dari harga yang akan ditawarkan, menurut Amelia belum bisa diberitahukan saat ini. Namun dia memberikan gambaran harga di Jepang saat ini bila dihitung dengan rupiah sekitar Rp175 juta. Sedangkan di Indonesia tentunya aka nada penambahan biaya-biaya seperti pajak pertambahan nilai, bea masuk barang mewah dan biaya lainnya, sehingga bila ditawarkan di Indonesia bisa mencapai sekitar Rp 350 juta.

“Karena kendaraan ini kulitnya bisa diganti warnanya dengan warna lain, sehingga akan ada masalah di STNK yang mencantumkan warna mobil. Sehingga kita akan membicarakan dengan pihak berwenang untuk bisa memberikan dispensasi terhadap mobil COPEN yang bisa gonta-ganti warna,” ujar Amelia.

(rr/Syam)