cara-merawat.net

Cemburu ternyata tidak monopoli manusia setelah para peneliti menemukan bahwa anjing juga bisa menunjukkan perasaan ini.

Para ilmuwan di California, Amerika Serikat, mengatakan anjing-anjing yang mereka teliti marah dan cemburu ketika pemilik mengelus-elus boneka anjing.

Dalam penelitian ini para pakar melakukan kajian terhadap 36 anjing yang direkam dengan kamera video ketika pemilik mereka menunjukkan rasa cinta atau sayang kepada boneka anjing.

Lebih dari tiga perempat anjing mendorong pemilik ketika pemilik berinteraksi dengan boneka.

Sekitar sepertiga anjing berusaha mengambil posisi di antara pemilik dan boneka sementara seperempat anjing mencoba merampas dan membuang boneka.

"Penelitian kami menunjukkan anjing-anjing ini tidak hanya cemburu, mereka juga berusaha memutus hubungan antara pemilik dengan boneka, yang mereka anggap sebagai pesaing," kata Christine Harris, salah satu peneliti dari Universitas California di San Diego.

Temuan ini mungkin saja tidak akan terlalu mengejutkan para pemilik anjing, namun tim peneliti menegaskan bahwa ini adalah eksperimen pertama yang menunjukkan bahwa anjing juga bisa cemburu.

(rr/bbc)